https://www.pexels.com/id-id/foto/air-basah-berbayang-bersih-545014/

Padang TIME | Pandemi COVID-19 yang telah berlalu mengajarkan kita untuk rajin mencuci tangan pakai sabun. Ternyata memang ada banyak manfaat cuci tangan memakai sabun dan ini sudah seharusnya menjadi kebiasaan kita. Mari cari tahu apa saja sebenarnya manfaat melakukan cuci tangan rutin dengan menggunakan sabun!

4 Manfaat Mencuci Tangan dengan Sabun

Kedua tangan ini merupakan sumber kuman dan bakteri karena dipakai untuk menyentuh berbagai jenis benda. Itulah mengapa cuci tangan harus dilakukan secara rutin. Berikut ini 4 manfaat mencuci tangan yang wajib Anda ketahui:

  1. Membunuh Berbagai Kuman

Sudah jelas bahwa mencuci tangan pakai sabun bisa membantu membunuh berbagai jenis kuman. Saat beraktivitas sehari-hari, tangan kita dipakai untuk menyentuh berbagai jenis benda. Benda-benda tersebut bisa saja mengandung banyak kuman yang akhirnya berpindah ke permukaan tangan.

Kuman-kuman tadi tidak kasat mata alias tidak terlihat dengan mata telanjang sehingga tangan Anda pasti akan selalu terlihat bersih. Padahal ada banyak kuman di sana yang bisa masuk ke mulut dan menimbulkan penyakit. Cara paling efektif untuk membasmi semua kuman tadi adalah dengan mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir.

  1. Mencegah Munculnya Penyakit

Manfaat cuci tangan berikutnya adalah mencegah munculnya berbagai jenis penyakit. Jika Anda tidak mencuci tangan secara rutin dengan menggunakan sabun, maka bakteri di tangan bisa masuk ke tubuh lewat mulut. Hal tersebut bisa memicu terjadinya penyakit. Apalagi saat imunitas tubuh sedang menurun, sudah pasti Anda jadi lebih mudah jatuh sakit.

Itulah mengapa Anda sangat disarankan untuk mencuci tangan secara rutin. Cucilah tangan sebelum makan, sesudah menggunakan toilet, setelah beraktivitas di luar, dan hal-hal lain yang dirasa membuat tangan Anda penuh kuman. Kebiasaan kecil ini bisa membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Melindungi Lebih Baik dari Hand Sanitizer

Saat pandemi COVID-19 lalu, hand sanitizer jadi produk yang banyak diburu karena bisa membersihkan tangan secara praktis tanpa air dan sabun. Tapi faktanya, cuci tangan menggunakan air dan sabun lebih efektif melindungi Anda dari kuman. Jadi biasakan diri untuk mencuci tangan dengan air dan sabun daripada pakai hand sanitizer.

  1. Mencegah Resistensi Antimikroba

Menurut WHO, kasus resistensi antimikroba ternyata terus berkembang. Khususnya untuk kasus resistensi antimikroba terhadap antibiotik. Hal ini bisa memicu beragam jenis penyakit infeksi. Salah satu cara termudah untuk mencegah kondisi tersebut adalah dengan mencuci tangan secara rutin.

Praktik kebersihan tangan bisa mencegah terjadinya resistensi antimikroba dan menurunkan risiko penyakit infeksi. Tidak heran jika kebiasaan mencuci tangan yang benar terus disebarkan dari waktu ke waktu. Tujuannya agar penyebaran penyakit infeksi menurun dan setiap generasi tumbuh dengan tubuh yang sehat.

Beli Sabun Cuci Tangan Terbaik di Blibli

Selalu sediakan sabun cuci tangan dengan formula lengkap yang bisa membunuh kuman di rumah Anda. Anda bisa membeli cairan pencuci tangan anti bakteri dengan mudah di Blibli. Belanja sabun cuci tangan tidak perlu ribet karena tinggal scroll di aplikasi Blibli dan tunggu barang sampai di rumah. Anda juga bisa bebas memilih varian produk sabun cuci tangan yang paling disukai.

Begitu banyak manfaat cuci tangan yang bisa kita rasakan. Kebiasaan kecil ini bisa membawa perubahan besar bagi kesehatan tubuh kita. Jadi biasakan dari sekarang rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Ikuti langkah-langkah mencuci tangan yang benar dan selalu gunakan air mengalir supaya proses pembersihan berjalan lebih sempurna.

(pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini