AYO MEMBACA !!

Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2022: Jurnal Ilmiah UNP Naik Peringkat

Padang TIME | Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI di awal tahun 2023 ini merilis Pemberitahuan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2022. Pada surat dengan nomor 0041/E5.3/HM.01.00/2023 tersebut, terdapat dua jurnal ilmiah UNP yang naik peringkat, yaitu JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR dari Jurusan PGSD FIP yang naik peringkat dari Peringkat 5 ke Peringkat 3, dan KOLOKIUM: JURNAL PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH yang juga naik peringkat dari Peringkat 4 ke Peringkat 3.

Selain kedua jurnal ilmiah tersebut, terdapat dua Jurnal yang tetap berada di Peringkat 4 yaitu EDUKIMIA dan JURNAL PATRIOT. Selanjutnya juga terdapat satu jurnal UNP yang baru terakreditasi dengan sebagai Peringkat 5, yaitu ENGLISH LANGUAGE AND LITERATURE.

Saat dihubungi oleh HUMAS UNP, Kepala Pusat Publikasi, Kekayaan Intelektual, dan Inovasi Prof. Dr. Rahadian Z, S.Pd, M.Si menyampaikan selamat dan sukses kepada kepada para pengelola jurnal telah mendapatkan hasil akreditasi tersebut.

Prof. Rahadian memaparkan bahwa UNP selalu melakukan langkah-langkah sistematis dan strategis agar semakin banyak jurnal ilmiah UNP yang terakreditasi. Akreditasi jurnal ilmiah sangat perlu karena meningkatkan reputasi akademik UNP, selain itu akreditasi jurnal akan sangat membantu mahasiswa dalam mempublikasikan karya-karya ilmiahnya.

Selanjutnya, bagi jurnal yang telah mendapatkan Hibah Pengelolaan Jurnal di tahun 2022, LPPM UNP akan terus melakukan pendampingan dan evaluasi, sehingga pada pengajuan akreditasi kuartal I tahun 2023 semakin banyak jurnal UNP yang terakreditasi atau naik peringkat. “Hal ini membutuhkan semangat yang kuat dan kerjasama yang tertata dengan baik” pungkas Prof. Rahadian.  (pt)