AYO MEMBACA !!

BERITA TERBARU

Gubernur Sumbar Tugaskan Wagubnya Untuk Mendata Kebutuhan Pengungsi

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengatakan Gubernur telah memerintahkan kepadanya agar menghimpun masukan dari pengungsi tentang apa
yang mereka butuhkan.

Menurutnya, itu bertujuan agar pemberian dan pendistribusian bantuan untuk para korban terdampak bencana menjadi lebih tepat guna dan tepat sasaran.

“Sesuai arahan Gubernur, maksud kedatangan kami tidak hanya untuk meninjau. Tapi juga ingin mendata dan menghimpun masukan dari pengungsi,” ungkap Audy Joinaldy saat mengunjungi posko pengungsian korban bencana di Kantor Wali Nagari Rambatan, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Minggu (19/5/2024).

Berdasarkan laporan banyak pihak, saat ini persediaan logistik dalam bentuk makanan cepat saji atau sembako di beberapa posko pengungsian, cukup banyak. Maka ia berharap, kedepan masyarakat donatur bisa memilih jenis bantuan dalam bentuk lain.

“Pilihannya banyak. Bisa perlengkapan bayi, bisa vitamin atau suplemen, bisa juga perlengkapan sekolah,” urainya.

Ditegaskannya, dalam masa tanggap darurat ini, Pemprov Sumbar akan fokus pada upaya pemulihan. Seperti penyambungan kembali jalan dan jembatan yang putus meskipun masih bersifat sementara serta pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terdampak.

“Pemulihan itu akan kita upayakan sesegera mungkin, termasuk mencari sumber pembiayaannya,” tegas Wagub.

Kendati demikian, pihaknya juga akan terus mendorong Bupati/Walikota daerah terdampak untuk segera merampungkan pendataan kerugian yang dialami masing-masing daerah agar langkah-langkah penanganannya bisa segera disusun.

“Sejumlah kementerian sudah menyampaikan dukungannya kepada kita. Kita perlu segera menindaklanjuti itu dengan menyajikan data lengkap agar bantuannya bisa segera turun,” ungkap Wagub.

Wali Nagari Rambatan, Robi Yasdi membenarkan apa yang disampaikan Wagub. Menurutnya, saat ini stok makanan untuk pengungsi di tempatnya cukup. Bahkan diperkirakan masih aman untuk beberapa hari kedepan.

“Alhamdulillah untuk stok makanan kami ada. Tapi untuk kebutuhan lainnya itu kami yang kurang,” ungkap Robi.

Mengingat bantuan yang masuk tidak hanya melalui pemerintah, tapi juga ada yang disalurkan langsung oleh donatur kepada masyarakat. Maka sangat tepat, jika pemerintah menyesuaikan distribusi bantuan dengan kebutuhan masyarakatnya.

“Pendataan kebutuhan pengungsi yang dilakukan Wagub saat ini, sangat tepat. Sebab, untuk setiap posko pengungsian kebutuhannya akan berbeda,” pungkas Wali Nagari Rambatan.

Turut hadir mendampingi Wagub dalam kegiatan tersebut, Kalaksa BPBD Sumbar, Rudi Rinaldi dan Kepala Dinas Sosial Sumbar, Syaifullah. (adpsb/nov)