AYO MEMBACA !!

Gubernur Sumbar Imbau Stakeholder Terus Berkolaborasi dalam Menjaga Lingkungan

PADANGTIME.COM | Mahyeldi Ansharullah terus mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk terus berkolaborasi demi keberlanjutan ekosistem.

Sebagaimana upaya yang dilakukan oleh PLN UIB Sumbar, yang menggelar aksi bersih pantai dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Rabu (05/06/2024).

“Kita patut memahami, bahwa Peringatan Hari Lingkungan Hidup harus selalu menjadi momen penting bagi kita untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran, kepedulian, dan konsistensi dalam menjaga lingkungan secara berkelanjutan,” ujar Gubernur dalam sambutannya.

Terlebih, sambung Gubernur, Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun ini fokus pada upaya pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan meningkatkan ketahanan terhadap kekeringan. Sebab, seluruh bumi saat ini mengalami triple planetary crisis berupa perubahan iklim, kerusakan alam, kehilanhan biodiversitas, dan krisis polusi serta limbah.

“Inovasi menjadi bagian penting dalam menghadapi krisis yang dialami tersebut. Oleh karena itu, pemulihan serta restorasi lahan menjadi sangat penting. Kita di Pemprov Sumbar sangat mendukung upaya inovatif kabupaten/kota dalam menghadapi krisis tersebut,” ujarnya lagi.

Selain itu, Gubernur juga mengimbau seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan terkait untuk bekerja sama dalam penanggulangan sampah di setiap daerah. Pemprov Sumbar pun menyatakan kesiapan untuk mendukung segala upaya penanganan masalah sampah yang menjadi kewenangan dan tanggung jawab Pemda Kabupaten/Kota.

“Oleh karena itu pula, atas nama masyarakat dan Pemprov Sumbar, kita mengucapkan terima kasih atas kepedulian PLN UID Sumbar, yang hari ini menggelar aksi bersih pantai. Sehingga, harapan kita akan hadirnya pantai yang lebih bersih sebagai salah satu destinasi wisata andalan, dapat terwujud dari waktu ke waktu,” ujar Gubernur lagi.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, General Manager PLN UID Sumbar, Eric Rossi Priyo menjelaskan, bahwa kegiatan bersih-bersih tersebut merupakan bagian dari rangkaian program Green Employee Involvement PLN, yang melibatkan karyawan PLN, Icon+, Haliyora Power serta mitra binaan PLN.

“Sebagaimana kita tahu, sampah adalah masalah penting yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Oleh karena itu pula, saat ini PLN terus mendukung komunitas masyarakat untuk mendaur ulang sampah. Serta hari ini, kita lakukan gerakan atau aksi bersih pantai sebagai wujud komitmen kita terhadap penanganan sampah,” ujar Eric.

Turut hadir mendampingi Gubernu dalam kegiatan tersebut, Plt Sekda Kota Padang, Yosefriawan; Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, Tasliatul Fuadi serta jajaran terkait lain di lingkup Pemprov Sumbar dan Pemko Padang. (adpsb/isq)