AYO MEMBACA !!

BERITA TERBARU

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas bekerja sama dengan Politeknik Negeri Padang lakukan Pemeriksaan Gigi Gratis

Padang TIME.com – Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas bekerja sama dengan Politeknik Negeri Padang menggelar kegiatan pemeriksaan gigi gratis yang bertempat di Aula PKM Politeknik Negeri Padang. Pemeriksaan gigi yang dilanjutkan dengan edukasi tentang kesehatan gigi, bertujuan untuk mengetahui kondisi gigi serta meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai kesehatan gigi dan mulut. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa,  dosen, serta civitas akademika ada di lingkungan Politeknik Negeri Padang. Kegiatan ini juga merupakan gerakan awal dalam hubungan kerja sama antara Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas dengan Politeknik Negeri Padang.

Direktur Politeknik Negeri Padang, Dr. Ir. Surfa Yondri, S.T., S.ST., M.Kom. menyambut baik kegiatan ini. Beliau menyampaikan, Kita berterima kasih atas kerjasama yang luar biasa dengan FKG Unand. Dengan hadirnya para Dokter Ahli dan dibantu mahasiswa menjadikan kegiatan ini sangat bermanfaat buat sesama. Dengan kegiatan ini kami jadi faham seberapa penting menjaga kesehatan kini dari dini. Dengan kolaborasi ini juga akan membentuk pribadi pribadi yang santun diantara mahasiswa dan rasa peduli sesama untuk melahirkan empathi. Semoga kegiatan ini diadakan lagi untuk berikutnya dan kita kembangkan mengingat Kesehatan gigi Penting.

Kerjasama ini juga disambut positif oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unversitas Andalas. Prof. Dr. drg. Nila Kasuma., MBiomed. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian dan bakti dari seluruh tenaga dokter gigi dan drg spesialis FKG dan RSGM Unand. kehadiran kami ke masyarakat langsung membantu mengedukasi, memverifikasi permasalahan dan sekaligus mengambil data untuk membuat perencanaan permasalahan kesehatan gigi yg ada di masyarakat Kota Padang khususnya. Alhamdulillah kolaborasi pengabdian ini telah mencapai target dan akan dilanjutkan berkesinambungan dalam membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan gigi. Kami dari FKG dan RSGM Unand memiliki tenaga drg dan spesialis terlengkap yg ada di wilayah Sumbar. InsyaAllah kehadiran kami dapat meningkatkan kesehatan gigi dan rongga mulut masyrakat Kota Padang dan Sumbar.

Kegiatan diawali dengan pengisian formulir data diri di meja registrasi. Selanjutnya, peserta kegiatan pemeriksaan gigi gratis akan dipanggil menuju meja pemeriksaan. Peserta diberikan  kesempatan  untuk  menyampaikan  keluhan  seputar  gigi dan  mulutnya  kepada dokter gigi yang menangani. Kemudian, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan rongga mulut dan gigi dari peserta kegiatan tersebut. Hasil pemeriksaan dicatat pada lembar pemeriksaan kemudian diperlihatkan pada peserta mengenai kondisi rongga mulut dan gigi mereka.  Dokter  gigi  akan  memberikan  edukasi  serta  instruksi  tergantung  kondisi  yang dialami oleh peserta. Selanjutnya, peserta diberikan lembar rujukan untuk melakukan tindakan perawatan gigi dan mulut di Rumah Sakit Gigi dan Mulu Universitas Andalas yang bertempat di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 77, Padang.

Kegiatan ini dilaksanankan dalam 2 hari mulai dari jam 09.00-16.00 pada Selasa, 30 April 2024 serta Kamis, 2 Mei 2024, dengan jumlah peserta sebanyak 160 orang. Kegiatan ini berjalan di bawah koordinasi Bersama Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan PNP Ir. Nasrullah, ST., MT dengan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FKG Unand drg. Eni Rahmi., Sp Pros dibantu oleh dibantu oleh dokter gigi spesialis, dokter gigi, dan Forum Komunikasi Dokter Gigi Muda (FKDGM) Fkg Unand. Untuk mendukung program pemerintah Indonesia Bebas Karies 2030. Karies merupakan masalah kesehatan gigi yang sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup karena selain menyebabkan rasa sakit, dapat juga menyebarkan infeksi kebagian tubuh lainnya sehingga bersampak pada penurunan produktivitas. Kegiatan serupa diharapkan dapat dilaksanakan dengan sasaran seluruh Masyarakat Kota Padang sehingga generasi penerus bangsa terbebas dari gigi berlubang. (PT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini