AYO MEMBACA !!

BERITA TERBARU

Event Halal Terbesar, Minangkabau Halal Festival akan Kembali Digelar di UNP

PADANGTIME.COM | Universitas Negeri Padang kembali  jadi tuan rumah event Halal terbesar di Sumbar, Minangkabau Halal Festival (MHF) ke-2. Festival yang diselenggarakan pada tanggal 30 Mei hingga 3 Juni 2024 ini bertujuan selain sarana edukasi halal juga untuk mendorong pertumbuhan industri halal dan ekonomi syariah di Sumatera Barat.

MHF ke-2 ini merupakan hasil kerjasama antara Masyarakat Ekonomi Syariah Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, UNP Padang, dan event organizer nasional Syakaa Organizer.

Pusat Kajian Halal UNP melalui Lembaga Pemeriksa Halal dan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal akan menyediakan program sertifikasi halal reguler dan gratis self-declare bagi para pelaku usaha. Disamping itu juga akan ada pengenalan Pelatihan Jaminan Produk Halal bagi calon Auditor, Penyelia, Juru Sembelih Halal bagi masyarakat.

Olimpiade Halal bagi siswa SMA/SMK/MA se-Sumatera Barat akan menjadi ajang kompetisi dan kreativitas siswa akan ditangani oleh mahasiswa di Unit Kegiatan Kerohanian (UKK) UNP.  Ratusan siswa dari puluhan sekolah telah mendaftarkan diri dan sebagiannya lolos masuk sebagai finalis. Mereka akan berlomba dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Halal, Lomba Cerdas Cermat Halal, Olimpiade Tulis Halal, dan Lomba Kreasi Video Pendek seperti tahun sebelumnya, dengan lokasi acara di FPP UNP.

Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Seminar Kewirausahaan untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), moslem fashion show dan bazar. Program ini melibatkan dekanat FPP dan unit kegiatan mahasiswa binaan Fakultas.

Sebagaimana tahun sebelumnya, 2nd MHF ini juga direncanakan dibuka oleh Wakil Presiden RI KH. Makruf Amin, dan beberapa menteri juga terkonfirmasi hadir, seperti Mentri Sandiaga Uno dan Menteri Teten Masduki.  Demikian juga para ulama, ilmuwan halal, artis pegiat halal, dan pelaku industri halal juga terkonfirmasi hadir, seperti ketua MUI Sumbar, Buya Zulkifli M Ali, Prof. Irwandi Jaswir, Dede Sulaiman, dan lain-lain.

Selain acara diatas, 2nd MHF juga akan menghadirkan berbagai kegiatan menarik lainnya, seperti:Pameran produk halal dari lebih dari 100 booth, termasuk kosmetik, busana muslim, makanan, dan properti syariah.Bazar yang menjual berbagai produk halal dengan harga terjangkau.Talk show dan kajian tentang industri halal dan ekonomi syariah.Festival anak sholeh dengan berbagai kegiatan edukatif dan Islami.

MHF ke-2 ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti festival ini, dapat langsung datang ke Auditorium UNP pada tanggal 30 Mei hingga 3 Juni 2024. (*)