AYO MEMBACA !!

Dorong Industri Sumbar Halal, Minangkabau Halal Festival Kembali Digelar

PADANGTIME.COM | Dalam rangka mendorong pertumbuhan industri halal dan ekonomi syariah di Sumatera Barat, Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah Sumatera Barat bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Syakaa Organizer kembali menyelenggarakan event 2nd Minangkabau Halal Festival pada tanggal 30 Mei-3 Juni 2024 di Auditorium Universitas Negeri Padang.

2nd Minangkabau Halal Festival menjadi agenda tahunan yang penting dilakukan
untuk mendorong pertumbuhan industri halal dan ekonomi syariah di Sumatera Barat.

Rangkaian acara dalam kegiatan ini tidak hanya sekedar pameran produk halal, melainkan juga menyediakan berbagai kegiatan edukatif yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya industri halal.

Lebih dari 100 booth akan memamerkan produk-produk halal seperti kosmetik, busana muslim, makanan, properti syariah, dan lain sebagainya. Selain itu, para pengunjung juga dapat mengikuti serangkaian acara seperti pendampingan sertifikasi halal, olimpiade halal, seminar, talk show, kajian, festival anak sholeh, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Salah satu target utama dari acara ini adalah memberikan dukungan kepada UMKM untuk mempromosikan produk mereka dan menjalin hubungan dengan agen serta reseller baru. Konsep expo edukatif yang diusung oleh 2nd Minangkabau Halal Festival memungkinkan para pengunjung untuk tidak hanya berbelanja, tetapi juga belajar dan terlibat dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, dalam pembukaan resmi Ist Minangkabau Halal Festival tahun 2023 yang lalu, menyatakan pentingnya peran Sumatera Barat dalam industri halal. la menyatakan tekad untuk menjadikan Sumatera Barat sebagai produsen halal terkemuka di dunia.

“Sumatera Barat harus menjadi contoh dan menularkan semangat positifnya, agar kemajuan ekonomi dan keuangan syariah dapat juga terwujud di wilayah-wilayah lain di Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, menyambut baik dukungan dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam menjadikan Sumatera Barat sebagai pusat produksi industri halal, la menegaskan komitmen Pemerintah Daerah untuk mempercepat persiapan Sumatera Barat sebagai daerah produksi industri halal.

“Minangkabau Halal Festival merupakan wujud nyata komitmen kami dalam mengembangkan industri halal dan ekonomi syariah di Sumatera Barat,” ucapnya.

Dengan mengusung semangat kolaborasi, Provinsi Sumatera Barat menegaskan kesiapannya menjadi pendorong utama bagi perkembangan industri halal dan ekonomi syariah di Indonesia. 2nd Minangkabau Halal Festival menjadi platform yang ideal bagi para pelaku industri halal untuk bertemu, berbagi ide, dan menjalin kerjasama yang bermanfaat. (pt)