Padang TIME | Dalam rangka implementasi World Class University, Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang laksanakan kegiatan kolaborasi dengan Jabatan Konseling Fakulti Pengkajian Pendidikan Universiti Putera Malaysia, Persatuan Konseling Internasional Malaysia, Badan Narkotika Nasional Sumatera Barat dan Universitas Negeri Jakarta .

Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Seminar Internasional pada Senin (13/2) dengan pembicara utama Dr. Datuk Abd Halim Mohd Husen, Presiden Persatuan Konseling Internasional Malaysia (Perkama), serta pembicara undangan Brigjen Pol. Drs. Sukria Gaos. MM., Kepala Badan Nakotika Nasional Propinsi Sumatera Barat, Dr.Muhammad Arsyad Chr Amat.KB PA, Ketua jabatan Psikologi Konseling Universiti Putra Malaysia dan Dr.Yenikarneli.M.Pd.Kons Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Koselor FIP UNP.
Para narasumber dan peserta seminar dan worshop menyarankan UNP agar membuka program Master Bimbingan dan Konseling dengan peminatan Bimbingan dan Konseling Narkoba seperti tiga universitas di Malaysia, yaitu Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) Universiti Putra Malaysia dan Universiti Malaysia Sabah. 
Presiden Jokowi juga telah mengumumkan bahwa Indonesia saat ini telah memasuki masa darurat narkoba.
Sedangkan sebagian besar intansi yang menangani narkoba belum memiliki tenaga ahli  latar belakang tentang konseling narkoba. Di sisi lain, UNP telah memiliki dosen serta SDM lain yang memungkinkan untuk itu.
Selain itu pada kesempatan yang sama Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP juga melaksanakan Team Teaching dan mahasiswa internasional. Pensyarah atau Dosen Universiti Putra Malaysia yang hadir pada acara tersebut adalah sebanyak 17 orang yang berasal dari Jabatan Psikologi dan Konseling UPM. Sedangkan mahasiswa bimbingan dan konseling yang hadir sebanyak 17 orang mahasiswa Program Magister Konseling Dadah.
Selanjutnya
penanda tangganan nota kesepahaman berupa MOA dan MOU dengan UPM IMHAFT Malaysia , BNN Sumbar dan Malaysia Board of Counsellors.
Pada Tanggal 15 Februari 2023
mahasiswa Jabatan Psikologi dan Konseling UPM bekerja sama dengan mahasiswa Departemen Bimbingan dan Konseling, BNN Sumbar, LPM Muaro serta RSJ HB. Saanin akan melaksanakan pelindung serta praktik pelindung dan pencegahan Narkoba. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini