Bupati Pimpin Rakor Teknis Pemutakhiran Data Penerima Bansos

0
704
PadangTIME – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar memimpin rapat koordinasi teknis pemutakhiran data penerima manfaat program Bansos di Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2022 bertempat di ruang rapat bupati, Jumat (4/3).
Rapat koordinasi yang digelar Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak itu diikuti para asisten, staf ahli bupati dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.
Bupati Rusma Yul Anwar pada kesempatan itu berharap agar pemutakhiran data program penerima Bansos di Kabupaten Pesisir Selatan dilakukan secara berkala sehingga program bantuan sosial yang digulirkan tepat sasaran. Kemudian agar data penerima Bansos itu valid dan akurat, maka Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak hendaknya melakukan kegiatan bimbingan teknis dan validasi basis data terpadu, katanya.
Menurut bupati, pihak terkait mesti menyamakan persepsi dengan petugas di lapangan agar data penerima Bansos menjadi lebih tajam dan tepat sasaran. Selain itu, langkah tersebut dilakukan untuk meminimalisir kekurang akuratan data dalam rangka penetapan sasaran penerima Bansos.
Ia menjelaskan bahwa karena sifat datanya yang dinamis, maka diperlukan pemutakhiran data secara berkala sehingga penanganan kemiskinan menjadi lebih tepat sasaran kedepannya. Disebutkan, data tersebut digunakan oleh pemerintah untuk penyaluran program Bansos. Data itu juga harus divalidasi dan diverifikasi agar datanya semakin akurat.
“Mengingat data ini dinamis, maka petugas harus memverifikasi dan memvalidasi data itu kembali sesuai dengan variabel-variabel kemiskinan yang ada dengan melihat langsung kondisi individu yang terdaftar dalam data penerima Bansos,” ucap bupati. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini