AYO MEMBACA !!

Bupati Pasaman Sabar AS : Ciptakan generasi cinta masjid dan cinta alquran di Kabupaten Pasaman.

PadangTIME.com – Pasaman— Ciptakan generasi cinta masjid dan cinta alquran di Kabupaten Pasaman. Anak-anak harus dididik dan dibiasakan shalat lima waktu di masjid, subuh berjamaah, tahfidz qur’an serta aktifitas keagamaan yang bersifat memakmurkan masjid.

“Hari ini kita para orang yang datang ke masjid, tapi 10 atau 15 tahun ke depan, para generasi muda itulah yang diharap akan meramaikan masjid. Kalau itu tidak dipersiapkan dari sekarang, siapa lagi yang akan memakmurkan masjid ini nantinya.”

Demikian dikatakan Bupati Pasaman Sabar AS dalam kunjungan safari ramadhan ke Masjid Jami’ Kampung Balimbing, Jorong Makmur, Nagari Padang Gelugur, Kecamatan Padang Gelugur, Kamis (4/4).

Menurut Bupati Sabar, gerakan cinta masjid dan cinta alquran, harus ditanamkan sejak anak usia dini. Karena pembentukan karakter seseorang itu hanya bisa dilakukani sejak usia mereka masih anak-anak.

“Jadikan masjid dan alquran sebagai sebuah kebiasaan dan kebutuhan bagi anak. Karena karakter yang berakhlakul karimah, tidak akan muncul begitu saja, tapi butuh proses dan waktu yang lama,” jelas bupati.

Disampaikan juga bahwa, mental kepribadian yang kuat, akan mampu membentengi generasi muda dari segala pengaruh buruk yang bakal mereka temui dalam kehidupannya kelak.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Pasaman tengah fokus membangun ‘Proyek Manusia Unggul’, dengan tiga program utama dari 10 program prioritas yang sudah ditetapkan dalam RPJMD nya, yakni Pasaman Berimtaq, Pasaman Cerdas serta Pasaman Sehat.

Target tang ingin dicapai Pemerintahan Sabar AS adalah, menciptakan generasi muda Pasaman yang tidak hanya cerdas secara intelektul, namun juga cerdas secara mental kepribadian serta kuat secara physik

Dalam kesempatan Silaturahmi Ramadhan tersebut, Bupati Sabar AS turut menyampaikan sejumlah program yang tengah dan akan dilanjutkan pembangunanya di Kabupaten Pasaman.

“Pembangunan itu berproses, butuh kesinambungan dan keberlanjutan. Jika program berganti akibat kebijakan berbeda oleh si pengambil kebijkan yang berbeda, maka program-program yang sudah dimulai, akan putus di tengah.jalan dan tidak akan pernah tuntas,” sebut Sabar AS.

Kunjungan Tim Safari Ramadhan Khusus (TSRK) Pemda Pasaman di Masjid Jami’ Kampung Balimbing, disambut antusias masyarakat setempat. Masyarakat menyambut tamunya dengan penuh suka cita, dengan aneka takjil dan hidangan berbuka puasa yang lezat.

Menurut tokoh masyarakat Kampung Balimbing, Burhanudin, MPD., sejak Indonesia merdeka 78 tahun yang lalu, baru kali ini Bupati Pasaman datang ke masjid Jami’.

“Ini sebuah kebahagiaan dan kebanggaan bagi kami masyarakat Kampung Balimbing,” ujar Buya Burhanuddin.

Masjid Jami’ terletak di tengah pemukiman warga Kampung Balimbing, Jorong Makmur, Nagari Padang Gelugur, Kecamatan Padang Gelugur. Masjid ini selalu ramai dengan berbagai aktifitas masyarakat.

TSR Khusus pimpinpinan Bupati Sabar AS, menyertakan rombongan besar jajaran kepala OPD Pemkab Pasaman. Pimpinan Cabang Bank Nagari.Lubuk Sikaping, Direktur RS Tuanku Rao, Baznas dan PMI Pasaman.

Sementara dari pihak kecamatan hadir lengkap camat beserta forkopimca, Kepala KUA, Korwil Pendidikan, Kepala UPTD Puskesmas, para kepala sekolah, wali nagari serta kepala jorong se-kecanatan Padang Gelugur.

Dari pihak tuan rumah, hadir kepala kampung, tokoh masyarakat, tokoh agama, kaum ibu dan pemuda Kampung Balimbing.

Di Masjid Jami’, Bupati Pasaman memberikan bantuan Rp.20 juta, karpet shalat dan Alquran, ditambah bantuan Bank Nagari serta santunan Baznas Pasaman untuk lansia dan fakir miskin. (ek)