Untuk Peningkatan Perekonomian Warga Binaan, Babinsa Koramil 01 Sikabaluan Gelar Komsos

0
398
Babinsa Koramil 01 Sikabaluan Serda Sudirman melakukan kunjungan kerja ke Desa Simatalu Kecamatan Siberut Barat Kabupaten Mentawai dalam rangka meningkatkan perekonomian Petani Manau.
Adapun  kegiatan Komsos untuk meningkatkan perekonomian Desa Simatalu Kecamatan Siberut Barat, anggota Polsek, anggota Satker, dan aparat Pemerintah Desa Siberut.
Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat Desa Simatalu, Kecamatan Siberut Barat, Kabupaten Mentawai, merupakan salah satu media Babinsa untuk lebih mengenal warga binaan mereka dan sebagai sarana untuk mendekatkan diri.
Babinsa mengatakan Manau, yang dikenal dengan nama lain Calamus Manan, tumbuh secara alami di Sumatera dan Kalimantan, serta di hutan-hutan Kepulauan Mentawai. Tanaman rotan manau yang memiliki ciri diameter 2-5 cm, beruas panjang, tidak berongga, dilindungi oleh duri-duri yang panjang, keras, dan tajam seperti kebanyakan pohon rotan lainnya sering digunakan sebagai bahan kerajinan dan peralatan rumah tangga seperti meja, kursi, dan tempat tidur.
Selain itu, manau (Calamus manan) juga dapat digunakan sebagai obat batuk, bagian batang yang tidak terlalu tua kemudian diambil airnya dengan cara ditiriskan, setelah airnya didapat airnya bisa langsung diminum.
Menurutnya, Komsos juga bertujuan untuk mencari informasi dan mengetahui perkembangan situasi di desa binaan.
“Untuk mengetahui perkembangan situasi di daerah tentunya perlu menciptakan kedekatan dengan warga binaan,” ujarnya.
Jika Komsos yang dilaksanakan sudah menjadi tugas utama sebagai Babinsa untuk mencari informasi dan sarana silaturahim agar lebih dekat dan bisa menjalin kebersamaan.
Diakui bahwa kegiatan ini mencerminkan kesatuan TNI khususnya Babinsa kepada masyarakat di wilayah binaannya, yang bertujuan untuk mempererat hubungan kekeluargaan antara Babinsa dengan masyarakat.
“Dengan Komsos akan tercipta suasana yang harmonis dalam setiap pelaksanaan tugas Babinsa di lapangan,” pungkasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini