Wisuda UNP ke 122, Gubernur Sumbar : Para Sarjana Untuk Jadi Enterpreneur Yang Berkualitas Hadapi dunia kerja

0
728

PadangTIME.comĀ  – Wisuda UNP ke 122 yang diadakan di ruangan Auditorium UNP di ikuti sebanyak 2.256 wisudawan dan wisudawati. Kegiatan wisuda ini berlangsung selama tiga hari yaitu mulai Kamis 18 Maret 2021 sampai Sabtu 19 Maret 2021. Dihari pertama Wisuda yaitu hari Kamis di ikuti sebanyak 826 orang yang akan dilantik.

bebi

Gubernur Sumatera Barat dalam penyampaian orasi ilmiahnya dalam kegiatan wisuda tersebut yang di adakan di ruangan Auditorium UNP Kamis 18 Maret 2021 menyampaikan ,”Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, saya merasa bangga dan turut berbahagia, karena di antara kita hari ini telah dilahirkan para sarjana baik itu S3, S2, S1/D4 dan D3. Semoga nantinya para lulusan dari Universitas Negeri Padang dapat menunjukan kualitas dan kemampuannya dalam menghadapi dunia kerja di era milenial saat ini”.

Generasi era milenial saat ini lekat dengan dunia kerja yang mengedepankan kompetensi tinggi. Bahkan, industri-industri besar hingga start up pun berlomba-lomba mencari sumber daya manusia yang memumpuni. Untuk dapat bertahan menghadapi tantangan itu, diperlukan sikap cerdas, adaptif, dan inovatif dalam menyikapi perubahan yang terjadi di masa depan.

Oleh karena itu, para sarjana dituntut untuk mampu berkompetensi dalam dunia kerja sehingga dapat menciptakan dan membuka lapangan pekerjaan yang produktif untuk masyarakat banyak.

Menyikapi hal tersebut, perlu menjadi perhatian bagi para sarjana adalah mengenai penguasaan bahasa asing dan pemanfaatan penggunaan teknologi informasi.

“Dunia global menjadikan bahasa asing merupakan sebagai salah satu hal yang penting dalam hal berkomunikasi. Dengan menguasai bahasa asing, maka para sarjana dapat dikatakan mampu menguasai dunia”. Jelas Mahyeldi.

Selain itu, kemajuan teknologi komunikasi saat ini yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain. Semakin maraknya penggunaan teknologi informasi akan semakin membuka lapangan pekerjaan. Bisnis yang berbasis teknologi informasi atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan dan informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan masyarakat.

Untuk itu, dengan kemampuan memadukan antara penguasaan bahasa asing dengan kemampuan pemanfaatan teknologi informasi akan meningkatkan kompetensi dan kualitas dari para sarjana yang wisuda saat ini.

Mahyeldi menambahkan “Dalam hal tersebut, maka peran UNP untuk menghasilkan para sarjana yang berkualitas akan sangat penting, dan dari sekarang para sarjana harus bersiap-siap menghadapi dan memasuki era tersebut. Yakni dengan terus belajar dan meningkatkan SDM serta kompetensi, menjadi pelopor dan penggerak di berbagai sektor pembangunan sesuai dengan minat, bakat dan profesi masing-masing.

Peran dan kontribusi para sarjana UNP akan senantiasa ditunggu, bagaimana kemampuannya mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama duduk di perguruan tinggi. Untuk itu saya menghimbau, “Mari kita ciptakan lapangan pekerjaan dengan karya terbaik yang akan kita persembahkan untuk kemajuan dan kejayaan bangsa khususnya Provinsi Sumatera Barat”. ajak Mahyeldi

Seribu beasiswa kuliah di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan luar negeri.

Memberikan hibah penelitian kepada mahasiswa dan dosen PTN/PTS dengan tema Penelitian sesuai dengan Prioritas Pembangunan.

“Untuk itu mari tumbuhkanlah semangat untuk menjadi entrepreneur dalam diri masing-masing. Sekali lagi saya ucapkan selamat atas Wisuda Periode Ke-122 Universitas Negeri Padang. Selamat mengukir prestasi dan berjuang dalam kancah kehidupan yang penuh tantangan, di saat sekarang maupun di masa-masa yang akan datang”, ucap Gubernur Sumbar mengakhiri.

Hadir dalam acara ini FORKOPIMDA Prov. Sumatera Barat, Rektor Universitas Negeri Padang, Guru Besar, Dosen dan Civitas Akademika Universitas Negeri Padang.(ril/tis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here