Padang TIME.com-Pantai Klayar adalah pantai yang terletak di Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar baru menjadi terkenal Pantai Klayar yang masih jarang dikenal masyarakat luas menawarkan lingkungan yang indah karena belum diganggu oleh manusia. Bahkan tempat ini belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah untuk pengembangan tempat wisata, sehingga kondisi alam pantai ini masih asli.

Pantai Klayar menawarkan pesona alam yang tak tertandingi dengan kombinasi pasir putih lembut, ombak jernih, karang indah yang indah, air mancur alami, lubang batu, air terjun, dan laut seruling. Karena pesona alam yang tiada duanya, banyak orang yang mengatakan bahwa pantai Parangtritis lebih baik dari Pantai yang merupakan pantai paling populer di Yogyakarta.

Karena belum banyak dikenal, Klayar Turki relatif kosong. Jika Anda datang pada hari kerja, kemungkinan Anda akan melihat lebih banyak nelayan daripada turis. Pantai ini hanya ramai dikunjungi turis ramai saat musim liburan atau akhir pekan saja, paling ramai dikunjungi saat liburan musim panas.

Klayer terletak di Pacitan, Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Tepatnya berada di Desa Kalak, Kecamatan Doonorojo, Pacitan. Jaraknya sekitar 40 km di sebelah barat kota Pacitan.

Untuk mencapai pantai Klayar, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa karena saat ini tidak ada angkutan umum yang lewat secara teratur. Perlu diingat bahwa jalan menuju pantai Klayar banyak yang sempit, berlubang, dan dalam kondisi kurang baik, Anda harus berhati-hati saat bepergian agar tiba dengan selamat. Selain itu Anda juga akan melewati jalan naik-turun dan memutar di tepi tebing, disarankan untuk tidak mempercepat kendaraan dengan cepat karena berbahaya. Bus besar juga tentu tidak bisa melewati tikungan tajam di sini.

Jarak tempuh dari Yogyakarta adalah sekitar 110 km dan akan memakan waktu sekitar 3 jam rute Yogyakarta-Wonosari-Wonogiri-Pacitan, sedangkan jarak dari kota Pacitan adalah sektiar 40 KM, atau sekitar 1 jam perjalanan.

Secara geografis, sebagian besar wilayah Pacitan adalah pegunungan batu kapur, sehingga kurang cocok untuk menanam padi. Karena itu, jika Anda tidak melihat nasi di sepanjang jalan menuju Pantai Klayar, Anda tidak perlu heran. Biasanya orang lebih suka menanam singkong pacitan karena kondisi ini.

Balang

LEAVE A REPLY