Jadi Tujuan Kunker, WaliKota Pariamana Apresiasi FKUB Kota Pekanbaru dan FKUB Kabupaten Solok Selatan

0
1177
PadangTIME – AKota Pariaman Jadi Tujuan Kunker (Kunjungan Kerja), Walikota Pariaman, Genius Umar, Apresiasi FKUB Kota Pekanbaru dan FKUB Kabupaten Solok Selatan, yang secara bersamaan mengunjungi FKUB Kota Pariaman. Bertempat di Balairung rumah dinas walikota, Kelurahan Kampung Jawa II, Kecamatan Pariaman tengah, Jum’at sore (8/10).
FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama), adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.
“Dengan dikunjunginya FKUB Kota Pariaman oleh dua sekaligus FKUB yang datang untuk bersilaturahmi sekaligus melihat langsung kerukunan antar umat beragama di daerah kita, saya mengapresiasi atas kedatangan FKUB Kota Pekanbaru dan FKUB Kabupaten Solok Selatan ini,” ujarnya.
Genius Umar juga menuturkan bahwa kedatangan dua FKUB yang bersamaan ini, juga sekaligus sebagai promosi pariwisata kita kepada delegasi mereka yang datang, bahkan ada yang bersama dengan keluarga mereka datang untuk sekaligus berwisata.
“Tentu kami menyambut baik, bahkan dari penuturan delegasi FKUB Kota Pekanbaru, ada yang datang membawa keluarga besarnya, hal ini menjadi suatu berkah bagi kita, dengan kedatangan FKUB dua daerah ini,” tuturnya.
Lebih lanjut, lulusan S3 IPB ini juga mengungkapkan bahwa, untuk menjaga keamanan dan kondisi yang kondusif di daerah, perlu peranan seluruh pelaku kepentingan, begitu juga dengan peran FKUB, yang menata kerukunan antar umat beragama di daerah dan bangsa kita.
“Pluralitas kehidupan, khususnya kehidupan beragama, telah menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Sepanjang sejarah bangsa ini, pluralitas itu telah menunjukkan implikasinya yang positif, berupa sumbangan para pemeluk agama dan pemangku budaya bagi perjuangan kemerdekaan, mengisi kemerdekaan dan pelaksanaan pembangunan, guna terwujudnya bangsa Indonesia yang maju, damai dan sejahtera,” ungkap Genius Umar.
Ia juga menceritakan, bahwa di Kota Pariaman, 99 persen penduduknya adalah muslim, hanya 1 persen yang beragama Kristen, tetapi kita hidup berdampingan satu dengan lainya, karena mereka telah membaur sejak lama dengan masyarakat Kota Pariaman.
“Ada guru yang mengajar di sekolah kita beragama kristen, dan hal itu tidak menjadi masalah bagi rekan sesama guru dan termasuk juga murid yang diajarkan, karena kita di Kota Pariaman menyadari arti toleransi yang sesungguhnya, bahkan ketika ada yang non muslim ditimpa musibah, kita bersama-sama dengan masyarakat untuk saling bantu,” tutupnya.
Turut hadir pada acara ini Asisten I, Yaminurizal, Kepala Kantor Kesbangpol, Nusirwan, Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman, Miswan dan jajaran, Ketua FKUB Kabupaten Solok Selatan, Yusriadi, dan rombongan, Sekretaris FKUB Kota Pekanbaru, Dahlan Jamil dan rombongan, Ketua FKUB Kota Pariaman, Maswar dan jajaran. (PT)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini