Walikota Pariaman Lantik Pengurus BP4 Kota Pariaman

0
773
Padang TIME – Walikota Pariaman, Genius Umar mengukuhkan Pengurus Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kota Pariaman, periode 2021 – 2026, di Aula Balaikota Pariaman, Senin (13/9).
“BP4 dalam bidang konsultasi perkawinan dan keluarga merupakan upaya untuk mengatasi konflik dan perceraian sehingga dapat mewujudkan keluarga yang bahagia dan sejahtera. Pembekalan dimulai dari pra nikah, dimana setiap pasangan harus mempunyai bekal yang cukup dalam menempuh hidup berumah tangga,” ungkap Genius Umar ketika memberikan arahan pada Pengukuhan Pengurus BP4 Kota Pariaman.
Walikota Pariaman ini juga menuturkan bahwa BP4 Kota Pariaman pernah menjadi yang terbaik di Provinsi Sumatera Barat, hendaknya dapat dipertahankan dan ditingkatkan oleh pengurus di periode yang baru ini, pesannya.
“Mayoritas perceraian dipicu masalah ekonomi yang berujung pada pertengkaran dan berakhir dengan perceraian, selain belum begitu mengenal satu sama lain, karena itu, melalui BP4, kita harapkan kursus pra nikah yang telah dilakukan selama ini, dapat terus dilakukan,” tukasnya.
Selain itu, Genius Umar juga mengatakan bahwa setiap pasangan yang akan menikah harus memahani syar’i atau agama dengan baik, begitupun dengan kesehatanya, dimana hal ini telah dilakukan oleh BP4 melalui kursus pra nikahnya.
“Dengan berbagai sosialisai dan pelatihan di BP4, kita berharap agar angka perceraian di Kota Pariaman dapat menurun, dan untuk tahun depan, kursus pra nikah di BP4 ini, akan kita fasilitasi melalui Bagian Kesra dan Ekonomi,” terangnya.
Hal ini merupakan upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas dan nilai perkawinan dalam suatu keluarga, yaitu dengan mendirikan atau membentuk suatu lembaga penasihat perkawinan yang dapat mencarikan jalan keluar bagi permasalahan-permasalahan yang  kerap kali timbul dalam keluarga, dan hal inilah yang menjadi tujuan BP4, jelasnya mengakhiri.
Pengurus BP4 Kota Pariaman Periode 2016-2026 berjumlah 29 orang, dengan Ketua, Ny. Lucyanel Genius, Wakil Ketua, Miswar, Sekretaris, Sukmurdianto, Bendahara, Darnetti dan terdiri dari 4 Bidang, dimana Bidang SDM dan Keluarga Sakinah diketuai oleh Priyaldi, Bidang Konsultasi dan Penasehatan Perkawinan diketuai Wisri, Bidang Pelestarian Perkawinan diketuai Yang Ariani dan Bidang Komunikasi dan Informasi diketuai oleh Hendri.
Acara ini juga dihadiri oleh Ketua BP4 Provinsi Sumatera Barat, Damri Tanjung, Ketua Pengadilan Agama Pariaman, Lelita Dewi, Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman, Miswan beserta jajaranya, Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kota Pariaman, Syamsuardi dan jajaran, serta undangan yang hadir. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here