Wali Kota Padang Dan Kedubes Australia Bahas Percepatan Realisasi Kerjasama Sister City Padang-Fremantle

0
409
Padang TIME – Wali Kota Padang Hendri Septa, Rabu (30/3/2022), kedatangan tamu istimewa yaitu Bapak Thomas Carr selaku Second Secretary for Political Affairs di Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia di Jakarta.
Ia pun menyambut baik kunjungan utusan Kedutaan Besar Australia itu dengan menggelar diskusi bersama di kediaman resminya, Jalan A. Yani No.11 Padang.
Diketahui, kunjungan tersebut dilakukan oleh pria berkewarganegaraan tersebut dalam rangka silaturahmi dan memperkenalkan diri kepada Walikota Padang mengingat wilayah kerjanya meliputi Kota Padang.
“Atas nama Pemerintah Kota Padang, kami menyambut baik kunjungan Pak Thomas Carr kali ini. Alhamdulillah beliau mengatakan ingin mempererat kerjasama yang sudah terjalin antara Padang dan Australia.
Diantaranya akan membantu endorse (mempromosikan) ‘destinasi wisata’ di Kota Padang. Obyek-obyek wisata di sini sangat menarik,” kata Walikota Hendri Septa.
Begitu pula sebaliknya, kata Wako, Pak Thomas Carr juga ingin mendukung pariwisata di Australia untuk bisa datang ke Kota Padang nanti.
“Padahal Padang dan Australia telah menjalin kerjasama dalam bentuk ‘Friendship City’ dengan Kota Fremantle sejak tahun 1996. Kemudian pada tahun 2017 mereka menjalin kerjasama ‘twin city-red) dengan menciptakan pelabuhan dan pariwisata yang menjadi potensi utama. ,” jelas Wako Hendri Didampingi Kepala Koperasi Erwin. M saat itu.
Lebih lanjut ia menjelaskan, ada empat sektor kerjasama yang disepakati dan menjadi fokus program Sister City Padang-Fremantle.
Ini termasuk pariwisata dan budaya, perdagangan dan investasi, pembangunan infrastruktur dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.
“Alhamdulillah beliau (Pak Thomas Carr) menyatakan siap intens terkait tindak lanjut percepatan kerjasama Sister City Padang-Fremantle yang selama ini tertunda. Semoga berjalan sesuai harapan, ” pungkasnya.
Terakhir, orang nomor satu di Kota Padang ini mengaku akan lebih meningkatkan kerjasama internasional ke depannya. Tidak hanya dengan Fremantle, tetapi juga dengan kota-kota lain di dunia yang memiliki keutamaan dengan Kota Padang.
“Tujuan utamanya untuk memajukan pariwisata, pendidikan, perdagangan dan investasi serta sektor-sektor strategis lainnya bagi Kota Padang,” kata Wako bersemangat.
Pada kesempatan itu juga hadir Bapak Michell Rohman sebagai ahli dari GIZ-Jerman/Center for International Migration and Development (CIM) yang saat ini bertindak sebagai ‘pakar terintegrasi’ mendukung program Pengelolaan Limbah Sungai Batang Arau (perbaikan limbah Sungai Batang Arau manajemen) di Kota Padang. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini