Wali Kota Kembali Terapkan Prokes Covid-19 Sesuai Arahan Presiden RI

0
778
Padang TIME – Walikota Pariaman Genius Umar, didampingi oleh Wawako Mardison Mahyuddin, Asisten I, Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo, Forkopimda, dan PMI Kota Pariaman,  mengikuti Arahan Presiden RI Joko Widodo secara , tentang berkembangnya virus covid-19 varian omicron di Indonesia.
Dalam Video Conference (Vidcon) yang digelar di Ruang Rapat Walikota, Senin (7/2) tersebut, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa, perkembangan virus varian omicron sangat cepat sekali perkembangannya di Indonesia, bisa dikatakan empat kali lebih besar dari varian delta, tetapi untuk tingkat rawatnya masih dibawah posisi varian delta saat ini.
Untuk menyikapi gelombang varian omicron yang akan segera datang Joko Widodo menjelaskan, ada dua kunci penting untuk menghadapi datangnya gelombang varian omicron, yaitu dengan melakukan percepatan vaksinasi dan kembali meningkatkan protokol kesehatan seperti selalu memakai masker, dan menggunakan hand sanitizer.
Terkait dengan pernyataan Presiden RI tersebut, Genius Umar akan segera melakukan percepatan vaksinasi untuk anak-anak usia 6 s/d 11 tahun, Lansia yang tingkat vaksinasinya masih rendah, dan pelaksanaan vaksin kedua bagi masyarakat yang sudah melakukan vaksin pertama.
“Kemudian kita kembali akan mempersiapkan semua fasilitas kesehatan untuk menangani pasien yang terpapar covid-19 varian omicron ini, seperti persiapan tempat, peralatan kesehatan, obat-obatan, oksigen, dan fasilitas lainnya, agar semua pasien yang terpapar bisa disembuhkan”, ujar Genius Umar.
Selain itu untuk pasien yang bisa dirawat di rumah sakit rujukan adalah, pasien yang terpapar dalam kategori sakit sedang, sakit berat, dan kritis. Sementara itu untuk pasien yang hanya menderita sakit ringan harus melakukan isolasi/rawat mandiri di rumah mereka masing-masing atau ditempat lain.
Genius Umar menerangkan bahwa vaksin merupakan kunci bagi penangan virus covid-19 untuk menekan angka kematian, oleh sebab itu percepatan vaksin harus segera dilaksanakan untuk mengantisipasi terpapar dari virus.
“Untuk itu saya minta bantuan dari semua pihak termasuk OPD dan Forkopimda, diharapkan kerjasamanya untuk kembali memberikan sosialisasi, edukasi, agar masyarakat mengerti dan mau untuk di vaksin, dan virus ini bisa teratasi secepatnya. Bagi yang belum vaksin segera lakukan vaksin untuk kesehatan anda dan kita semua”, tegas Genius Umar.  (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini