Wako Pariaman Genius Umar secara resmi Canangkan vaksinasi covid-19 di Kota Pariaman

0
38

PadangTIME.com -Walikota Pariaman Genius Umar secara resmi mencanangkan vaksinasi covid-19 di Kota Pariaman yang bertempat di Aula Balaikota Pariaman hari ini Jum’at (5/2). Turut hadir dalam pencanangan vaksinasi covid-19 Forkopimda, Ketua TP PKK Kota Pariaman, Kepala OPD di lingkungan Kota Pariaman, IBI Kota Pariaman, Pimpinan Rumah Sakit Pemerintah, Swasta se-Kota Pariaman, Ketua Pengurus Organisasi Profesi Kesehatan se-Kota Pariaman dan Praktisi Kesehatan.

bebi

Dalam sambutannya Genius mengucapkan terima kasih kepada seluruh stake holder terkait yang telah banyak membantu Pemerintah Kota Pariaman dalam mengawas dan mensosialisasikan pemutusan rantai penyebaran covid-19 di Kota Pariaman.

“Hari ini Kota Pariaman meresmikan pencanangan vaksinasi covid-19. Artinya sampai saat ini baik pemerintah pusat maupaun daerah tetap mengupayakan yang terbaik buat masyarakatnya. Banyak hal yang telah dilakukan pemerintah pusat untuk membuat vaksin covid-19 ini sampai mengeluarkan biaya yang banyak untuk kebaikkan masyakarat. Nah, kita didaerah tinggal malaksanakan dan mensosialisasikan bagaimana masyarakat didaerah bersedia di vaksin demi kebaikkannya, “ ungkapnya.

Imun tubuh adalah sistem ketahanan tubuh seseorang terhadap berbagai virus dan bakteri yang menyerang atau masuk ke dalam tubuh manusia.  Tubuh mempunyai cara alami untuk menditeksi dan menangkap sinyal sebuah kondisi atau penyakit hingga batas tertentu. Karenanya beberapa jenis  penyakit  seperti  batuk, pilek, dan demam ringan  dapat sembuh sendiri tanpa obat-obatan.

“Namun tidak semua sistem pertahanan tubuh orang cukup untuk mengatasi dan mengalahkan semua virus tersebut. Apabila virus itu ganas atau berbahaya seperti Covid-19, sistem kekebalan tubuh terutama pada seseorang dengan daya tahan tubuh yang lemah, tidak akan mampu mencegah virus tersebut berkembangbiak menjadi parasit sehingga dapat mengakibatkan penyakit berat yang dapat membawa pada kematian. Vaksin Sinovac  solusi terbaik untuk itu karena vaksin ini merupakan sebuah vaksin yang telah dimatikan virusnya. Vaksin sinovak sudah dijamin halal dan aman, “ tambahnya.

Untuh tahap awal, Pemerintah Kota Pariaman telah melakukan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan yang ada di Kota Pariaman baik yang bekerja di pemerintahan maupun pihak swasta. Tahap selanjutnya akan dilakukan terhadap aparatul sipili negara dan terakhir masyarakat.

“Kita berharap semuanya mendapatkan vaksin ini agar terhindar dari virus yang membahayakan ini. Meskipun telah divaksin, kita tetap menerapkan hidup sehat dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak. Sampai dengan tanggal 3 Februari 2021 jumlah kasus Covid-19 sebanyak 547 orang, meninggal 16 orang, sembuh 516 orang (94%), “ harapnya.

Terakhir Genius menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kota Pariaman, jangan terlalu percaya akan berita yang beredar di media sosial tentang bahaya vaksin karena sampai saat ini mereka yang telah divaksin masih dalam keadaan sehat dan tetap beraktifitas. Untuk melakukan vaksin akan dilalui dengan beberapa tahap, dimulai dengan pendaftaran, cek tekanan darah, skrening. Setelah dinyatakan lulus baru akan dilakukan vaksinasi. Setelah divaksin, kita akan dipantau selama 30 menit untuk melihat reaksi dari vaksin agar bisa dilakukan tindak lanjut bagi yang mengalami rekasi berlebihan. Namun hari ini dilakukan vaksin terhadap saya dan forkopimda, hasilnya kita baik – baik saja.

Sementara itu Plt.kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifa mengatakan bahwa ada beberapa tempat yang telah disediakan untuk pelaksanaan vaksinasi, antara lain RS.Sadikin, TMC, RS.Aisyah, RS.Citra Aguswar Rambai dan 7 (tujuh) puskesmas yang ada di Kota Pariaman.

“Dinas Kesehatan telah menyiapkan semua hal berkaitan dengan pelaksanaan vaksin covid-19 ini. Mulai dari menyiapkan kulkas penyimpanan vaksin,  thermometer, safety box, jarum suntik, alkohol swab dan kipi set. Yang paling penting adalah petugas vaksinasi adalah mereka yang tela mendapatkan pelatihan melakukan vaksin dan telah divaksin terlebih dahulu, “ ungkapnya.

Pemko Pariaman akan melakukan vaksinansi dengan 2 (dua) periode, pertama saat ini yang sedang berlangsung dan peroide kedua pada Bulan Maret-April atau 2 (dua) minggu setelah dilakukan vaksin tahap pertama.

Ia juga menghimbau kepada seluruh tenaga kesehatan yang belum melakukan vaksinasi untuk segera melakukannya agar semua tenaga kesehatan di Kota Pariaman bisa aman dalam menjalankan tugasnya memberikan peyanan kepada masyarakat.

Pencanangan vaksinasi covid-19 di Kota Pariaman ditandai dengan pemukulan gong oleh Walikota Pariaman yang didamping para tamu undangan yang hadir. Untuk selanjutnya dilakukan vaksinasi terhadap walikota Pariaman dan disusul dengan Forkopimda Kota Pariaman.(rill/pt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here