Wako Pariaman Genius Umar Dorong Pemuda Pariaman Aktif Berwirausaha

498

PadangTIME.com – Pariaman , Walikota Pariaman Genius Umar mendorong agar pemuda menjadi wirausahawan untuk mewujudkan kemandirian di usia muda.  Perkembangan sektor pariwisata di Kota Pariaman, kata Genius, sebetulnya adalah peluang bagi pemuda dalam mengembangkan usaha.

“Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh pemuda Kota Pariaman seiring perkembangan sektor pariwisata. Pemuda bisa mengembangkan bidang perdagangan dan jasa,” kata Genius usai memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 di Balaikota Pariaman, Senin (29/10).

Minimnya sektor industri skala menengah dan besar di Pariaman dan hanya didominasi oleh industri rumah tangga, berdampak pada sedikitnya tenaga kerja produktif di Kota Pariaman diserap industri.

“Manfaatkan peluang bisnis dari perkembangan wisata Kota Pariaman. Jika usaha pemuda maju, usaha tersebut akan menyerap tenaga kerja yang ada di Kota Pariaman,” ulasnya.

Mendorong tumbuh kembangnya pelaku usaha muda, pemerintah memiliki komitmen memberikan dukungan dengan melakukan peningkatan kapasitas pelaku usaha dan dukungan keuangan. Hal tersebut dapat diakomodir oleh dinas yang membidanginya.

“Ada program pemerintah untuk pengembangan UMKM. Melalui program tersebut, kita bisa berikan dukungan mungkin ada workshop kewirausahaan,” kata dia.

Terpisah, Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Pariaman, Febriyan Mirdani mengatakan KNPI Kota Pariaman memiliki program pengembangan wirausaha. KNPI Kota Pariaman juga akan melakukan workshop kewirausahaan.

“Kita ada program kerja pengembangan wirausaha bagi pemuda Kota Pariaman. Dengan ruang dan dukungan yang diberikan Pemko Pariaman, saya yakin entrepruener muda akan muncul,” ujarnya. (red)

Balang

LEAVE A REPLY