Wako Pariaman Genius Diundang Ikuti Merdeka Ekspor 2021

0
482
Padang TIME – Dalam rangka menindaklanjuti Surat Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 105/PP. 210/M/07/2021 tanggal 01 Juli 2021 terkait Pelaksanaan Merdeka Ekspor 2021 serta pelepasan ekspor pertanian dari 17 pintu pengeluaran Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang, Iswan Haryanto temui Walikota Pariaman Genius Umar.
Namun ada yang beda, Iswan Haryanto temui Wako Pariaman Genius Umar di kawasan Pantai Kata Kota Pariaman saat mengikuti kegiatan Gotong Royong bersama jajaran Petugas Kebersihan, BPBD, Dishub dan Satpol PP Kota Pariaman, Senin (12/7/2021).
Disela-sela kegiatan goro tersebut, Wako Genius didampingi Sekdako, Asisten dan beberapa Kepala OPD Pemko Pariaman luangkan waktu untuk berdiskusi dengan Iswan Haryanto bersama timnya.
Iswan Haryanto, sampaikan kepada Genius Umar, untuk  ikut serta dalam Pelaksanaan Merdeka Ekspor 2021 serta melakukan Audiensi dalam rangka persiapan Pelaksanaan Merdeka Ekspor 2021 pada tanggal 19 Agustus 2021 di Denpasar, Bali yang direncanakan akan dilakukan secara offline dan dibuka oleh Presiden RI.
” Hal ini bertujuan meningkatkan ekspor pertanian, dengan inisiasi melalui Kementerian iPertanian menggunakan aplikasi peta potensi komoditas ekspor pertanian atau IMACE (Indonesia Maps of Agricultural Export),” ujar Iswan kepada Genius.
Ia menerangkan, aplikasi IMACE dapat memberikan data dan informasi terkait negara tujuan, pelaku usaha dan informasi terkait persyaratan dan prosedur ekspor serta sentra komoditas pertanian berorientasi ekspor dari masing-masing daerah serta data lalu lintas perkarantinaan secara waktu nyata atau real time.
Menanggapi hal tersebut, Wako Genius Umar menyatakan kesiapannya untuk mengikuti kegiatan tersebut dalam mendukung dan mensukseskan Merdeka Ekspor 2021 serta pelepasan ekspor pertanian.
” Ini langkah baik kita untuk kemajuan daerah Kota Pariaman, sehingga dengan kegiatan ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dengan ikut serta melalakukan ekspor produk dan hasil tani yang ada di Kota Pariaman, seperti buah-buahan, kelapa dan sayur-sayuran,” ujar Genius.
Semoga, harap Genius lagi, upaya yang dilakukan Kementerian Pertanian  melalui Balai Karantina Pertanian masing-masing daerah, berdayaguna manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan pembangunan daerah ke arah yang lebih baik lagi. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here