Wako Padang akan Maksimalkan Potensi Kampung KB Bukit Karan

927

PadangTIME.com – Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyambut baik kawasan BukitKaran yang berada di RW 6 Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan kini menjadi Kampung KB (Keluarga Berencana).

Hal iti disampaikan wali kota sewaktu menghadiri kegiatan Gebyar Kampung KB Bukit Karan di lapangan olahraga Bukit Karan, Sabtu pagi (7/12/2019). Sebelum acara dimulai, Mahyeldi pun seraya meninjau langsung kondisi perkampungan Bukit Karan tersebut. Dikesempatan itu hadir langsung Sestama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Nofrijal, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Syahruddin, Kepala DP3AP2KB Padang Heryanto Rustam, Camat Padang Selatan Fuji Astomi, Lurah Rawang Andi Amir dan semua elemen masyarakat setempat.

“Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang kita sangat menyambut baik terbentuknya Kampung KB Bukit Karan tersebut. Dimana kawasan Bukit Karan ini juga memiliki potensi wisata dengan terdapat ‘view’ yang cukup bagus di sekelilingnya. Maka itu kawasan ini perlu dioptimalkan lagi untuk segala sesuatunya ke depan. Apalagi selaku Ibukota Provinsi, Kota Padang sejatinya memiliki potensi yang luar biasa selaku daerah tujuan wisata,” sebut wako.

Mahyeldi menyebut, untuk di Bukit Karan sendiri menurutnua juga memiliki potensi sebagai kawasan pertanian. Hal ini juga sejalan dengan konsep pertanian perkotaan yang digalakkan Pemko Padang dengan memanfaatkan lahan sempit menjadi lahan produktiv.

“Sehingga masyarakat khususnya di Bukit Karan ini dapat menikmati hasil dan manfaatnya. Karena memiliki nilai ekonomis bagi warga di sana. Jadi, untuk sektor wisata juga bisa dilakukan di sini, pertanian juga dan terlebih lagi adalah semua OPD terkait harus masuk ke kawasan Kampung KB. Karena Kampung KB memiliki konsep bersama ,” ucapnya.

Lebih jauh wako mengimbau kepada masyarakat Bukit Karan, seiring telah dijadikannya kawasan tersebut sebagai Kampung KB agar dapat mendukung program Kampung KB salah satunya dengan senantiasa melakukan pola gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

“Selanjutnya kita juga berupaya menciptakan ketersediaan air bersih. Seperti di Kampung KB Bukit Karan ini saya telah meminta lurah serta RT dan RW setempat untuk membuat lobang penampungan. Sehingga kebutuhan air bersih akan teratasi dan air limbah dari rumah juga bisa dimanfaatkan,” cetusnya.

Terlebih lagi Wako Mahyeldi mengingatkan pentingnya menyukseskan program yang dilakukan di semua Kampung KB di Kota Padang. Hal ini mengingat, setiap Kampung KB akan menjadi tempat pelaksanaan event nasional peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020 mendatang.

“Alhamdulillah setiap kecamatan di Kota Padang telah terdapat Kampung KB dan maka itu kita harus memaksimalkan segala sesuatunya. Dimana tujuannya adalah menciptakan masyarakat yang sehat, makmur dan sejahtera,” tukas wako.

Dalam peninjauan Kampung KB Bukit Karan tersebut Wali Kota Padang dan rombongan juga mendapati terdapatnya Rumah Data Kampung KB yang menjadi pusat kegiatan belajar bagi generasi muda di kawasan tersebut. Di sana terlihat anak-anak umumnya tingkat TK dan SD sedang asik belajar membaca dan melukis gambar. Selain itu wali kota juga mengecek lahan kosong, kondisi air sumur warga dan potensi yang bisa dioptimalkan ke depan.

Sementara pada acara Gebyar KB Bukit Karan juga dilakukan berbagai kegiatan seremonial yang tujuannya meningkatkan dan memupuk semangat semua pihak mendukung program Kampung KB Bukit Karan.(vid)

Balang

LEAVE A REPLY