Wakil Bupati Agam Buka Festival Rakik Anak Nagari Jorong

0
410
Padang TIME – Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, SH Dt. Parpatiah menyaksikan sekaligus membuka secara resmi Festival Rakik Anak Nagari Jorong Pangkal Tanjung Nagari Tanjung Sani (Patas), Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (3/5).
Pegelaran satu kali setahun di momen Idul Fitri itu mendapat apresiasi wakil bupati. Dikatakan, festival yang sarat makna dan nilai seni itu perlu terus dilestarikan dari generasi ke generasi.
“Melihat begitu semangat para pemuda di nagari ini saya yakin festival ini akan dapat dilestarikan hingga kapanpun,” ujarnya.
Wabup menyebut festival yang berlangsung semarak itu dapat terlaksana tidak terlepas dari kekompakan masyarakat, baik yang ada di kampung maupun di rantau.
“Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan selamat datang perantau, semoga kekompakan seperti ini akan terus terbina untuk masa akan datang,” ucapnya.
Tokoh masyarakat setempat, Maizon mengatakan Festival Rakik Anak Nagari Jorong patang merupakan iven tahunan yang digelar secara swadaya masyarakat.
“Iven tahunan dapat terselenggara atas dukungan masyarakat dan perantau,” katanya.
Ia berharap festival tersebut dapat dimasukkan kedalam kalender kepariwisataan Kabupaten Agam.
“Sehingga iven ini tidak sebatas nagari saja tapi juga melibatkan nagari salingka Maninjau,” ujarnya.
Ditambahkan, Festival Rakik Anak Nagari Jorong Patas diikuti oleh 11 rakik milik masyarakat dari empat jorong di Nagari Tanjung Sani,” ujarnya.  (pt/rh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini