Bupati Dan Forkopimda Kab. Pessel Ikuti Rakor Inspektur Daerah Se-Indonesia

0
567

Padang TIME | Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengikuti Rapat Koordinasi Inspektur Daerah Seluruh Indonesia tahun 2023 secara virtual, Rabu (25/1/2023).

Rakor tersebut digelar Kementerian Dalam Negeri di Hotel Borobudur, Jakarta.

Turut hadir dalam acara zoom meeting ini, Sekda Pesisir selatan, Mawardi Roska, S.IP Kapolres Pesisir Selatan,  AKBP. Novianto Taryono, SH. S.I.K, MH. Kajari Pesisir Selatan Raymund Hasdianto Sihotang, SH, MH. Dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Pesisir Selatan.

Kegiatan ini dalam rangka penandatanganan kerja sama antara Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan RI dan Kepolisian RI tentang Koordinasi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH).

Adapun kerja sama tersebut berkaitan dengan Penanganan Laporan atau Pengaduan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Inspektorat Jenderal Kemendagri
Rakor ini diisi dengan empat kegiatan utama yakni penandatanganan nota kesepahaman
launching aplikasi APIP
penandatangan perjanjian kerja sama terkait pengawasan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
pengawasan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan.

Dalam sambutannya Tito mengatakan anggaran negara merupakan tulang punggung untuk pertumbuhan ekonomi.

“Agar penggunaannya efektif dan efisien, Kepala Daerah bersama DPRD masing-masing harus betul-betul menjaga agar tidak bocor. Selain itu, harus digunakan tepat sasaran sesuai kebutuhan daerah masing-masing,” ucap Tito.

Lebih lanjut Mendagri Tito mengungkapkan bahwa dana APBN dan APBD yang menjadi tulang punggung pembangunan dan persiapan penanganan menghadapi Resesi Global.

“Diharapkan mampu digunakan secara efisien dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing,” ungkapnya

 Jaksa Agung Burhanuddin  menyampaikan
upaya kerjasama yang baik antara APIP dan APH dalam pelaksanaan setiap poin – poin yang tertulis dalam MoU.

MOU ini diharapkan menjadi pedoman dalam upaya pengawasan, sehingga percepatan pembangunan serta pemulihan ekonomi di masa pandemi dan penanganan terhadap ancaman resesi global dapat tercapai.

Setelah pembukaan dan laporan pelaksanaan kegiatan, acara dilanjutkan dengan Launching aplikasi “APIP Lapor”, serta Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pengawasan. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini