UNP Terapkan Sistem Pengamanan UTBK Di Inovasi Teknologi

0
268
ad
PadangTIME.com – Sistem Keamananan selama pelaksanaan UTBK di Panlok 142 Universitas Negeri Padang menggunakan berbagai teknologi termasuk teknologi digital, seperti portal otomatis (barrier gate) di empat pintu masuk ke kampus UNP, kamera CCTV di seluruh lokasi ujian dan tempat parkir, serta metal detector untuk mendeteksi ponsel peserta UTBK agar tidak sampai ke ruang ujian.
Sementara itu jumlah tenaga keamanan yang dilibatkan selama UTBK berjumlah 39 orang, yang terdiri dari Satpam, dosen, dan Tendik serta dari Kepolisian. Koordinator Keamanan UTBK Panlok 143 UNP, Dr. Budiwirman, M.Pd menyatakan timnya selalu bekerja dengan tetap menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Keamanan yang telah disiapkan, mulai dari peserta masuk ke UNP sampai ia diserahkan ke pengawas di ruang ujian, dan juga termasuk ketika peserta selesai ujian dan mau meninggalkan lokasi.
“Malah kami bersinergi dengan Koorlap Lapangan UTBK, dengan menggunakan mobil patroli keamanan kampus untuk membantu antar jemput peserta jika ada yang telat atau tidak tahu lokasi”, kata Dosen Pendidikan Seni Rupa yang konsisten mengabdi sebagai Tim Keamanan sejak tahun 1996 di UNP.
Selain itu menurut informasi yang diterima Humas UNP dari Kepala Satpam UNP AH. Batubara tiap lokasi parkir kendaraan peserta ditempatkan 2 orang tenaga Satpam, hal ini dilakukan untuk antisipasi kejahatan curanmor. Di samping itu, juga dikerahkan tenaga intel dari kepolisian untuk memantau kondisi UNP selama penyelenggaraan ujian.
Sampai hari ke-11 penyelenggaran UTBK di Panlok 142 UNP kondisi keamanan terkendali dan stabil, walaupun demikian Tim Keamanan selalu waspada mengawal penyelenggaran UTBK sampai hari terakhir, sehingga penyelenggaraan UTBK berjalan lancar dan peserta UTBK di UNP tahun mendatang akan semakin meningkat seperti tahun ini, yang mencapai 18095 peserta
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here