UNP SUKSES DIGELAR RAKERNAS PEPSILI 2021

0
12
Padangtime.com – Program Studi Ilmu Lingkungan (S2 dan S3) Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP), sukses sebagai tuan rumah penyelenggara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perkumpulan Program Studi Ilmu Lingkungan Indonesia (Pepsili), Sabtu/ 3 Juli 2021, yang digelar secara daring dengan aplikasi Zoom Meeting. Acara ini diikuti sebanyak 50 peserta mewakili 40 Perguruan Tinggi di Indonesia, diantaranya dari UI, UGM, IPB, Unbraw, UNS, Unand, Unri, UNJ, UNP, Untan, Unhaleo, Uncen, Undana, Unkhair dan sebagainya.

Ketua penyelenggara Rakernas Prof. Dr. Eri Barlian, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tahunan ini, Pepsili mempercayai UNP untuk melaksanakan amanah organisasi ini, “ Alhamdulillah di tengah pandemi yang sedang mengalami trend naik, kita masih bisa meluangkan waktu untuk mendiskusikan berbagai program kerja dan rencana ke depan dari Pepsili, semoga acara ini menghasilkan berbagai program yang relevan dengan isu lingkungan dan pendidikan lingkungan hari ini”, ujar Ketua Penyelenggara Pepsili, yang juga saat ini, menjabat sebagai Ketua Prodi S3 Ilmu Lingkungan Pascasarjana UNP.

bebi

Rektor UNP, dalam hal ini diwakili oleh Direktur Pascasarjana UNP, Prof. Dr, Yenni Rozimela, M.Ed, membuka kegiatan ini dan dalam sambutannya mengharapkan agar dari Rakernas ini melahirkan berbagai rekomendasi yang penting khususnya untuk pengembangan pendidikan ilmu lingkungan di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, UNP selalu bersinergis dalam mewujudkan berbagai gerakan yang digagas oleh pemerintah, diantaranya “green campus”, kata Guru Besar Pendidikan Bahasa Inggris ini.

Di samping itu Ketua Umum Pepsili Dr. Suyud. W. Utomo. M.S, mengharapkan agar kegiatan Rakernas berjalan sukses dan sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Prodi Ilmu Lingkungan UNP, atas kerjasama dan dukungannya sehingga terselenggaranya Rakernas tahun ini, “ Melalui pertemuan yang sangat penting ini, kita harapkan akan ada berbagai hasil Rakernas yang berkontribusi dalam menyelesaikan isu lingkungan di Indonesia saat ini, kata Akademisi dari UI tersebut dalam arahannya.

Pada Pepsili 2021 ini, berhasill dihasilkan beberapa rekomendasi yakni; kurikulum Merdeka Belajar di Prodi Ilmu Lingkungan, perubahan KLHS Pembicara dengan Kementirian KLHK, keberlanjutan Jurnal PEPSILi, menetapkan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang sebagai tuan rumah Rakernas 2022 dan membahas hasil riset mahasiswa S3 Ilmu Lingkungan serta rencana rapat koordinasi berikutnya.

Pada kegiatan ini, delegasi UNP terdiri Dr. Indang Dewata, M.Si (Ketua Prodi S2 Ilmu Ilngkungan), Prof. Dr. Eri Barlian, M.S (Ketua Prodi S3 Ilmu Lingkungan), Prof. Dr. Abdul Razak, M.Si (Wakil Dosen Ilmu Lingkungan) serta sejumlah mahasiswa S2 dan S3 Ilmu Lingkungan Pascasarjana, yang terlibat dalam kepanitiaan. (PT/ Humas UNP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here