Diskokinfo Kabupaten Pesisir Selatan Ikuti Rakor Virtual Kemkominfo RI

0
546
PadangTIME.com | Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskokinfo) Kabupaten Pesisir Selatan mengikuti Rapat Koodonasi (Rakor) secara virtual (zoom) tentang Pembangunan Sistem Pemancar TV Digital dan Prasarana Pendukungnya di 15 lokasi Satuan Transmisi LPP TVRI, dalam rangka mendukung Analog Swich Off Tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Pita Lebar, Direktorat Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rabu – Kamis, 27-28 Juli 2022.
Rakor dalam rangka mendukung peralihan sistem televisi Analog Swich Of pada 2022, penyelenggara Subdit Inprastruktur Pengembangan Pita Lebar (IPPL) Direktorat Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menghadirkan 15  Kabupaten/Kota se-Indonesia yang ditunjuk sebagai lokasi pembangunan sapras yakni menara transmisi untuk mendukung TV Digital tersebut.
Junaidi lebih lanjut, rakor TV Digital (Analog Swich Off) tersebut juga  dilaksanakan secara luring di Hotel Swiss – Belinn Bogor, Bogor Timur Jalan Panjajaran Indah V Swiss-Belinn, Bogor,  peserta  Direktur, Koordinator, Sub Koordinator, PPK pada Direktorat Pengembangan Pita Lebar (Dirjend PPI) Kemkominfo RI. Unsur LPP TVRI dan TVRI Daerah  serta  dari Pemda dihadiri oleh Kepala Dinas/ Kabid IKP Dinas Kominfo terkait lokasi pembangunan.  Untuk propinsi Sumatera Barat ada 2 (dua) Kabupaten yaitu Kabupaten Limapuluh Kota dan  Kabupaten Pesisir Selatan.
Dikatakan, topik yang mengemuka dalam rakor adalah tentang Paket Pembangunan Pemancar Sistem Digital yakni, penyesuaian jadwal pengiriman perangkat ke lokasi, dan Lokasi – lokasi baru (Sinjai, Bone, Rokan Hilir, Mikika dan Nabire) belum tersedia organisasi pengelola (operator/petugas) dari TVRI pada satuan tranamisi tersebut, untuk penerima hasil pekerjaan dan pengiriman perangkat.
Kemudian, kajian tentang pekerjaan sapras; proses perizinan IMB bangunan/menara pada lokasi Prabumulih belum selesai aktor cuaca dan beberapa lokasi bangunan menara baru, membuat pekerjaan agak terhambat.
Junaidi menambahkan, pihaknya minta kepada Dundit IPPL agar pelaksanaan pekerjaan  Pemancar Transmisi  TVRI Digital di Painan Pesisir Selatan  bisa selesai sebelum tanggal batas cut off  Analog Switch Off (ASO) tahap II diberlakukan tanggal 25 Agustus 2022  dan  proses peralihan sistem televisi dari Analog ke TV Digital tidak ada permasalahan dalam  implementasinya terutama bagi masyarakat miskin yang mempunyai TV Teresterial  (memakai antena)  atau tidak menggunakan satelit,  parabola dan sejenisnya. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini