Padang TIME.com-Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump resmi hentikan pendanaan bagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Keputusan Trump tersebut karena menuding WHO telah menutupi kesalahan China terkait seriusnya Covid-19 yang akhirnya menyebar ke seluruh dunia.
Pemerintah AS selesai mengevaluasi keterlibatan WHO dalam menutupi penyebaran pandemi ini dan akhirnya menghentikan pendanaan kepada organisasi milik PBB itu.
Sekadar diketahui, AS merupakan penyandang dana terbesar bagi PBB. Sepanjang 2019 saja, Pemerintah AS telah menyumbang USD400 juta.
“Sekarang kami akan mendiskusikan apa yang akan dilakukan dengan semua uang yang masuk ke WHO. Dengan pecahnya pandemi Covid-19, kami memiliki keprihatinan mendalam apakah kemurahan hati AS telah dimanfaatkan,” kata Trump seperti dikutip dari AFP, Rabu (15/4/2020).
Akibat penyebaran Covid-19 doseluruh dunia, hampir seluruh negara teroaksa melakukan pembatasan perjalanan dan wilayah atas saran WHO. “Serangan WHO terhadap pembatasan perjalanan menempatkan kebenaran politik di atas langkah-langkah penyelamatan jiwa,” katanya.
Menurut Trump, WHO seharusnya mendatangkan para ahli medis ke China untuk menilai secara obyektif kondisi di lapangan. WHO seharusnya mengakui China kurang transparan dalam menilai apa yang terjadi di negerinya.
“Seandainya WHO melakukan tugasnya dengan mendatangkan para ahli medis ke China untuk menilai secara objektif situasi di lapangan dan untuk menyebut kurangnya transparansi China, wabah ini bisa saja ditahan dari sumbernya, dengan kasus kematian yang sangat sedikit,” katanya.
Trump yakin jika WHO bertindak seperti itu akan menyelamatkan ribuan nyawa dan menghindari kerugian ekonomi di seluruh dunia. (PT)
Balang

LEAVE A REPLY