Tingkatkan Profesional Guru Tahfizh Tanahdatar, PPG Tahfizh Kerjasama Pemkab dan IAIN Batusangkar Buka Angkatan Ketiga

0
175
ad

PadangTIME.com – Setelah berjalan selama dua angkatan, PPG Tahfizh Tanah Datar batch 3 akan membuka program non asrama yang disediakan bagi mahasiswa dan guru tahfizh di Tanah Datar.

bebi

Hal ini disepakati dalam rapat panitia PPG Tahfizh yang dipimpin oleh Kabag Kesra Setdakab Tanah Datar yang juga Ketua PPG Tahfizh H. Afrizon, S.Ag di Sungayang, Jumat 4 Juni 2021.

Hadir juga pada rapat tersebut Wakil Ketua Syafriwaldi, S.Sos.I, MA, Sekretaris Hafizullah, MA, Wakil Sekretaris Jheni Rahmad dan bendahara Dapit Amril, S.IQ, MA.

Dalam rapat tersebut H. Afrizon menyampaikan, “PPG Tahfizh selama ini telah berjalan baik berkat komitmen yang tinggi dari Pemkab Tanah Datar bersama IAIN Batusangkar dan Yayasan Hj. Syarifah Ghani. Program non asrama pada angkatan ketiga ini untuk mengakomodir tingginya minat guru tahfiz Tanah Datar dalam meningkatkan kapasitas sebagai guru tahfizh yang profesional dan tersertifikasi.”

“Saat ini ada lebih dari 400 guru yang mengajar di 301 rumah tahfizh di Tanah Datar. Kita memerlukan guru yang berkompeten untuk menghasilkan para haafizh yang berkualitas. Agar program Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfizh terus berkelanjutan.”

Pada kesempatan tersebut Wakil Ketua PPG Tahfizh menuturkan “PPG Tahfizh angkatan ketiga ini berdurasi dan memiliki bobot yang sama dengan angkatan pertama dan kedua. Bedanya peserta angkatan ketiga ini tidak diasramakan. Materi tetang keilmuan dalam mengajar tahfizh akan dilaksanakan sabtu dan minggu selama 6 Bulan.

“Program ini terbuka untuk mahasiswa dan guru tahfizh Tanah Datar yang telah lolos seleksi. Kuota yang tersedia sebanyak 30 peserta dan akan dimulai sekitar akhir September 2021. Untuk jadwal pendaftaran akan kami umumkan segera.”tutur dosen IAIN Batusangkar ini.
Dimulai dari dari 6 unit rumah tahfiz pada 2016, sekarang Tanah Datar telah memiliki 301 rumah Tahfizh yang terdaftar di pemkab. Selain PPG Tahfizh, berbagai program dilakukan oleh bagian kesra setdakab untuk menyemarakan program kabupaten tahfizh ini seperti waqaf seribu haafizh dan validitasi tahfizh diatas 3 juz. Tanah Datar saat ini telah memiliki 9.700 haafizh dan sudah tervalidasi diatas 3 juz sebanyak 5.800 haafizh.

Terkait hal itu, sebagai kampus PTKIN yang berada di Tanah Datar, IAIN Batusangkar melalui Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) menjalin kerjasama yang intensif dalam mendukung program tahfizh ini. Saat ini IAIN Batusangkar juga memberikan fasilitas beasiswa dan asrama bagi mahasiswa dan mahasiswi haafizh sebagai wujud melahirkan sarjana yang Qur’ani.(01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here