Tim Pengabdian UNAND Bantu Usaha Kelompok Tani di Kelurahan Koto Luar Pauh (Tahap 2)

0
285
Tim PKM UNAND memberi penyuluhan lansung cara bertanam yang baik.
ad
Oleh : Dr. Elvira Luthan, SE.,MSi..Ak.( Tim PKM UNAND)
PadangTIME, com -Melanjutkan kegiatan tahap 1 (18 September 2021) pengabdian masyarakat program kemitraan masyarakat (PKM) membantu usaha berkembang di kelurahan Koto Luar, Kecamatan Pauh, kota Padang, pada 3 Oktober 2021 tim dosen pengabdian masyarakat UNAND (yang diketuai oleh ibu Dra. Leli Sumarni, MS.,MSi., dengan tujuh orang anggota yaitu Dr. Gusmini, SP.MP/Pupuk Organik/Pertanian, Prof. Dr. Mansyurdin, MS/Biologi/MIPA, Dr.Ir. Adrinal, MS/Ilmu Tanah/Pertanian,Dr. Elvira Luthan, SE, MS., Ak /Akuntansi/ Ekonomi, Prof.Dr.Ir. Musliar Kasim, MS/Agronomi/Pertanian, Dr.Ir. Yaherwandi, MSi/Proteksi Tanaman/Pertanian dan Asmet, ST.MT/Teknik/Politeknik, dibantu juga oleh empat mahasiswa S2).
Kegiatan tahap 2 PKM, Meninjau lansung ke lahan kelompok tani mitra PKM
Melakukan tahap 2 kegiatannya, dan  telah meninjau lansung ke lahan kelompok tani yang menjadi mitra PKM ini, yaitu kelompok Tani Sejahtera dan KWT Melati Mini. Setelah dilakukan sosialisasi program dengan mitra kelompok tani pada tahap 1 yang lalu, maka kegiatan tahap 2 PKM ini adalah mempelajari jenis lahan tanah dan mengevaluasi jenis pupuk yang cocok dengan jenis tanah kelompok tani ini.Kegiatan pada tahap 2 ini juga disertai dengan memberi penyuluhan kepada anggota mitra, bagaimana cara tanam yang baik dan lansung dipraktekkan oleh tim dosen dengan mitra kelompok tani.
Sebelum dimasukkan bibit tanam ke media tanam, tim dosen memasukkan pupuk sesuai dengan takaran. Diharapkan dengan praktek lansung ke lahan kelompok tani ini pemahaman para anggota tani jadi optimal.
Saat kegiatan berlansung, walau dibawah terik matahari siang di daerah Koto Luar, kecamatan Pauh ini tidak menyurutkan semangat tim pengabdian masyarakat UNAND, begitu juga dengan para anggota kelompok tani mitra PKM.
Kegiatan dilakukan dengan diskusi dua arah dalam suasana kekeluargaan dan tidak menggurui satu sama lain, sehingga para anggota merasa akrab dan antusias mengikuti kegiatan PKM ini sampai tuntas.
Melihat antusiasme anggota kelompok tani menambah ilmu pengetahuan mereka tentang seluk beluk pertanian, memicu semangat tim pengabdian masyarakat UNAND melakukan kegiatan ini lebih baik. Rencana tahap 3 adalah praktek membuat pupuk 4Green dengan membawa para anggota kelompok tani mitra ke labor pupuk organic, jurusan tanah UNAND. (Bersambung)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here