Tim Nagari Tageh Siap Mengabdi, Unand dan Supreme Energy Tangani Perjanjian Kerjasama Tripartit Kab.Solok Selatan

0
1507

Oleh : Dr. Sosmiarti, SE, MSi

PadangTIME.com – Kerjasama Di Pemberdayaan Ekonomi Dan Partisipasi Masyarakat Pada Era Pandemi Dan Paska Pandemi Di Kabupaten Solok Selatan, telah ditandatangani hari jumat tanggal 1 Oktober 2021 oleh Bupati Solok Selatan Bapak Khairunnas, Rektor Universitas Andalas Bapak Yuliandri, dan Pihak Supreme Energy selaku pihak yang membantu pendanaan dalam gerak nagari membangun pasca pandemi di Solok Selatan. Kerjasama Tripartit ini merupakan gerbang pengabdian bagi Nagari Tim Nagari tageh yang mempunyai kekuatan hukum untuk saling bersinergi membantu percepatan pemulihan kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Sembilan Nagari terpilih sebagai pilot Projek. Adapun Nagari yang akan dibina Dosen Unand dalam kelompok Tim Tageh dalam jangka waktu 3 tahun kedepanyaitu :

bebi

  1. Sosmiarti : Nagari sako pasia talang
  2. Andani Eka Putra : Nagari Pakan Rabaa Tangah
  3. Erigas Eka Putra : Nagari Luhak Duo nan Batigo
  4. Syamsurizaldi : Nagari Lubuak Gadang Selatan
  5. Arfa’I                            : Nagari Padang Aia Dingin
  6. Indradin : Nagari Sungai kunyik
  7. Jon affi : Nagari abai
  8. Yuliaty Shafan Nur : Nagari Kapau Alam Pauah duo
  9. Armansyah : Pakan Rabaa Utara

Kerja sama Tripartit ini akan membangun kemitraan yang baik antara Pemerintah daerah, Perguruan tinggi dan perusahaan dalam berbagai aspek, khususnya pemberdayaan dan peningkatan partisipasi masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dalam bentuk Proyek Percontohan (Pilot Project) pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan usaha ekonomi produktif sesuai dengan keinginan masyarakat di nagari masing-masing  dan Peningkatan partisipasi masyarakat, khususnya dalam era pandemi COVID 19, sehingga masyarakat menjadi lebih waspada dan paham risiko pandemi itu sendiri.

Lingkup kegiatan Kerjasama ini meliputi: Penyediaan anggaran untuk kegiatan ekonomi dan operasional pemberdayaan ekonomi masyarakat, Pelatihan kader untuk usaha ekonomi produktif, Pelaksanaan ekonomi produktif sesuai keinginan masyarakat (pertanian, peternakan dll) sebagai proyek percontohan, Pemberdayaan Badan Usaha Milik Nagari  dan Dukungan lain dari pemerintah daerah yang dapat mendukung kegiatan ini, khususnya terkait penanganan pandemi COVID 19.

 

Program Ini alhamdulilah disambut dengan gembira olen wali nagari, Bamus, Bumnag  dan masyarakat dari 9 Nagari terpilih dan motivasi pengabdian yang tinggi dari tim nagari Tageh untuk Solok Selatan dengan seman

gat Untuk Kejayaan Bangsa. Gerak nyata sudah ditunjukan tim Nagari tageh dengan meluncur ke Solok selatan bertemu langsung wali Nagari, BumNag dan Masyarakat daerah binaan satu minggu setelah ditanda tanganinya perjanjian tripartit, mereka siap eksekusi tageh Ekonomi, Kesehatan dan Tageh Sosial. Demikian informasi ini diberikan oleh Dr. Sosmiarti dengan penuh semangat, yang dapat tugas membina Nagari Sako Pasia Talang. Dengan Catatan bahwa semua aktifitas dilakukan dengan Prokes. (PT)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here