ad
PadangTIME.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dharmasraya Pariyanto. SH, turun bertani meskipun disibukan dengan pekerjaannya. Hal tersebut terlihat dirinya di perkebunan palawijanya di kebun cabai, Kamis (11/3).
Pariyanto ini dikenal sebagai politisi handal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Bahkan kehandalannya sebagai politisi telah mengantarkan sosok pria bermata tajam itu menjadi wakil rakyat tiga periode dan terakhir dia menjadi orang nomor wahid di jajaran lembaga legislatif Kabupaten Dharmasraya.
Peranan sebagai petani tampaknya dinikmati benar oleh politisi PDI-P Dapil Dharmasraya II ini. Sebagai petani, Pariyanto memiliki analisis prospek yang tajam. Dia mampu membaca peluang pasar dengan baik. Saat memutuskan untuk menanam cabai, Pariyanto sudah memprediksi di saat panen nantinya, harga cabai akan berada di posisi mahal, sehingga usaha taninya bakal untung besar.
Jadi bukan suatu kebetulan, jika panen cabai saat ini pas  harga di pasaran mencapai  di atas Rp50ribu perkilogram, itu sudah diprediksi dengan matang sebelumnya.
Bisnis pertanian, kata Pariyanto, memang bukan hanya soal prediksi harga pasar saat panen. Namun perlu juga keandalan penerapan teknologi.
“Prediksi oke jika teknologi budidaya tidak handal, maka keuntungan dipastikan tidak maksimal. Jadi teknologi budidayanya harus handal juga,” jelasnya.
Tapi bagi Pariyanto, peranannya sebagai petani bukan semata mata untuk mencari keuntungan. Namun Pariyanto menjadikan profesinya sebagai petani untuk membantu para petani yang masih belum sukses. Mereka yang belum terlalu paham bertani, bisa mencontoh cara bertani Pariyanto di Blok A, Jorong Piruko, Nagari Sitiung.
Dan juga, dengan menekuni usaha tani, Pariyanto bisa mempekerjakan tetangga yang membutuhkan pekerjaan. Dengan menanam cabai setengah hektar, Pariyanto bisa mempekerjakan lima orang sehari.
“Di masa pandemi covid, saya sudah membantu memberi penghasilan buat lima orang. Jadilah, daripada ndak goyang,” kata Pariyanto.
Unik memang, di saat para politisi sibuk dengan berbagai pernyataan di atas mimbar, Pariyanto yang ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya malah terjun langsung ke akar rumput untuk menjadi seorang petani agar bisa membantu langsung memberi pekerjaan bagi yang membutuhkan.
Jarang lho politisi yang berfikir dan bertindak demikian. Nah, Pariyanto adalah sosok politisi yang petani, dan petani yang politisi. “Usaha untung, teman terbantu, program pemerintah jalan,” tutur Pariyanto terkait dengan apa yang sudah dilakukan sebagai politisi dan petani. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here