ad
PadangTIME- Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansyarullah, SP lakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D. di ruang rapat Senat gedung UNP, Rabu (17/3/2021).
Dalam kunjungannya ke UNP, Gubernur Sumbar didampingi oleh Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Benny Warlis, Kadis Pendidikan, Kadis Kebudayaan, Kepala Badan Litbang, Kepala Bappeda dan Kepala Biro Humas Setda Sumbar.
Selain Silaturahmi, Gubernur Mahyeldi terus gencar memperkuat kerjasama di berbagai sektor. Termasuk memperkuat sinergitas antar Universitas Negeri Padang (UNP) dengan Pemerintah Provinsi Sumbar.
Dihadapan para Civitas Akademika UNP tersebut, Gubernur Sumbar memaparkan visi misi Pemerintah Provinsi Sumbar ke depan, serta berbagai program unggulan tahun 2021-2026 yang akan wujudkan selama 3,5 tahun mendatang.
Gubernur Mahyeldi mengajak Rektor Ganefri berkolaborasi dan minta masukan dalam penajaman RPJMD yang sedang disusun agar RPMJD sebagai program kerja kepala daerah betul betul sesuai kebutuhan dan dapat diaplikasikan di masyarakat.
“Kami sengaja minta waktu kepada Rektor untuk mendengar masukan dari segenap civitas akedemika UNP,” ujar Mahyeldi.
Salah satu kekuatan Sumatera Barat adalah kapasitas SDM yang handal, Universitas Negeri Padang adalah salah satu yang mencetak para pendidik agar anak didik menjadi handal.
Dijelaskan gubernur, dirinya sangat menyadari bahwa sumberdaya manusia yang mumpuni memang adanya di perguruan tinggi. Namun demikian, gubernur berharap bahwa Perguruan Tinggi bukanlah lembaga yang elitis dan menara tinggi. Tapi harus bisa dicapai anak-anak untuk mewujudkan Sumbar Madani dan Unggul yang harus ditunjukan kiprahnya.
“Mari kita bersama-sama membangun daerah ini. Sebab keberhasilan itu ada di pundak kita semua,” imbau gubernur.
Upaya meretas kemiskinan, mewujudkan Sumbar yang lebih baik dan berdaya saing, tidak akan berhasil dengan baik apabila dilakukan hanya oleh pemerintah daerah. Dibutuhkan peran serta perguruan tinggi untuk bersama-sama dan bersinergi membangun daerah ini.
“Oleh sebab itu pemerintah perlu minta masukan, ke depan bisa bersinergi mencetak SDM yang berkualitas dan unggul, segera kita buat MoU,” ucapnya.
Mahyeldi menyampaikan Banyak masukan dan saran yang terungkap dari pertemuan ini mulai sisi ekonomi, UMKM, pendidikan, pertanian, teknologi sampai kepada masalah jalan Tol, semua masukan akan menjadi pengayaan RPJMD dan akan ditindak lanjuti melalui MoU.
Pemerintah Sumbar akan tetap fokus pada upaya peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). Oleh karena itu, pelayanan pada sektor pendidikan, kesehatan, dan program peningkatan daya beli masyarakat akan tetap prioritas.
Selanjutnya pihak Universitas Negeri Padang siap mendukung Program Unggulan (Progul) pemerintah Provinsi Sumbar. Hal tersebut disampaikan Rektor UNP Prof. Ganefri.
Tugas lain yang juga menjadi prioritas adalah program mengurangi pengangguran dengan lebih meningkatkan pemberdayaan UMKM, mendorong program bidang pariwisata, dan kerja sama pelatihan industri.
Salah satunya Program Unggulan Gubernur Sumbar yaitu dalam bidang Pendidikan, Universitas Negeri Padang siap memberikan dukungan tim ahli untuk melakukan kajian terhadap pengembangan Pendidikan vokasi dan pemerataan Pendidikan.
Selanjutnya, dibidang beasiswa prestasi kuliah bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan baik di perguruan tinggi yang ada di Sumbar maupun Indonesia dan Internasional setiap tahunnya, UNP akan membantu melalui sistem penerimaan mandiri jalur kerja sama dengan Pemerintah Daerah. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here