Teken MoU dengan BPVP Dirjen PPVP Kemaker RI, Kota Pariaman siapkan tenaga kerja welding siap pakai

0
170
PadangTime.com- Kota Pariaman siapkan tenaga kerja terampil dibidang welding, dan kita telah memulai dengan mengirim beberapa tenaga kerja kita, yang berasal dari pemuda kurang mampu yang kita latih, untuk disiapkan menjadi tenaga kerja terlatih, untuk bekerja dan ditempatkan di perusahaan industry, baik di Nasional maupun internasional.Hal ini disampaikan Wali Kota Pariaman, Genius Umar ketika menekan Nota Kesepakatan bersama dan Memorandum of Understanding (MoU), antara Pemerintah Kota Pariaman dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang, Direktorat Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (PPVP) Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI, di Kantor BPVP Dirjen Kemenaker RI, Kota Padang, Senin sore (18/9/2023).

MoU ini ditandatangani langsung oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar dengan Pimpinan BPVP Dirjen Kemenaker RI Padang, Eka Cahyadi Adi beserta jajaran, dan disaksikan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Anwar Sanusi, serta dihadiri oleh Kadis Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSP & Naker) Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit serta Kabid Tenaga Kerja, Yati Serlina.

Sebelumnya, Kota Pariaman juga telah menandatangani MoU dengan Pemerintah Goesan County, Provinsi Chungcheong Utara, Korea Selatan, dimana kerjasama dua daerah dari dua negara ini, ditandatangani langsung Wali Kota Pariaman, Genius Umar, dengan Wali Kota Goesan County, In Hyun Song, pada Maret 2023 lalu.

“Kita juga telah kerjasama dan menekan MoU dengan Batam Shipyard Offshore and Offshore Association (BSOA), pada 8 September 2023 lalu di Batam, sehingga kita harapkan akan semakin  banyak pemuda kita yang terlatih dibidang welding nantinya, yang nantinya mereka dapat bekerja di perusahaan atau industry yang ada di Indonesia atau di Korea Selatan,” ungkap Genius.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan adanya MoU ini, baik di Korea Selatan (internasioan) maupun di nasional, dalam hal ini di Kota Batam dan Kepulauan Riau (Kepri), mereka membutuhkan ribuan tenaga kerja welding yang siap pakai, untuk itu kita perlu menyiapkan tenaga kerja yang handal dan mumpuni, tentunya mereka perlu dilatih dengan baik, dalam hal ini melalui BVPP Dirjen PPVP Kemaker RI, tukasnya.

“Sampai saat ini, kita telah mengirim 6 (enam) orang tenaga kerja ke Korea Selatan, yang bekerja di perusahaan Welding Hyundai di Korea Selatan. Kita juga telah melepas 8 (delapan) orang untuk bekerja di Offshore Pertamina di Kalimantan dan sebanyak 11 orang lagi telah bekerja di pangkalan kapal yang ada di Kota Batam, dan kita masih perlu banyak tenaga kerja untuk itu,” jelas orang nomor satu di Kota Pariaman ini.

Genius berharap, dengan bantuan pelatihan yang diberikan oleh BVPP Dirjen PPVP Kemaker RI, sesuai dengan apa yang kami harapkan bersama, untuk memberikan pelatihan vokasi bagi pemuda kurang mampu, sehingga mereka mempunyai skill dan keahlian, dan dapat bekerja, yang nantinya akan mengurangi angka pengangguran di Kota Pariaman dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat, ulasnya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pak Sekjen, yang telah datang langsung menyaksikan penandatananan MoU ini, dan kami berharap masih banyak bantuan lainya yang dapat diturunkan untuk Kota Pariaman, karena kami konsen pak untuk mengentaskan kemiskinan, melalui pelatihan dan pendidikan, dan kami terkendala dengan keterbatasan anggaran yang kami punya, tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat kami untuk terus berinovasi dan berbuat agar Pariaman semakin maju dan sejahtera,” tutupnya. (J)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini