Penulis: Yelfa Deli
PadangTIME.com – Jintan hitam juga dijuluki sebagai obat sagala penyakit. Manfaat habbatussauda/ jintan hitam pertama kali diteliti oleh Ibnu Sina, Ilmuan Persia yang dianggap sebagai salah satu pemikir dan penulis paling terkenal dari zaman keemasan islam, dalam jurnal medisnya Canon of Medicine. Ibnu Sina menulis bahwa biji jintan hitam ini bermanfaat sebagai obat sesak napas, baik karena asma atau karena masalah pernapasan lainnya.
Manfaat lain dari jintan hitam yaitu mempunyai sifat antikanker. Kandungan timokuinon (thymoquinone) di dalam jintam hitam dapat memberi efek antikanker dan dapat mengurangi ukuran tumor ganas yang tumbuh di dalam tubuh.
Menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meringanka gejala asma, menutrisi kulit karena memilki vitamin E dan asam limonet dalam jintan hitam dapat menangkal radikal bebas (bersifat antioksidan) dan meregenerasi sel-sel kulit secara cepat, meredaan rematik dan asam urat, melindungi hati, menurunkan berat badan, memperbaiki sisem pencernaan, menjaga kestabilan kadar gula dalam darah (diabetes), meningkatkan kualita sprema (obat kesuburan pria ), melawan bakteri dan virus penyebb flu, hepatitis C dan human immunodeficiency (HIV) karena efek antimikroba yang dimiliki jintan hitam membuatnya mampu melawan penyakit dengan menghambat pertumbuhan bakteri, virus serta jamur.(tokopedia.com)
Karena bersifat antibakteri dan antioksidan jintan hitam dipercaya dapat mencegah dan mengobati virus corona dengan rutin mengkonsumsinya setipa hari.
Beredar video di media social (facebook dan Twitter ) mengenai jintan hitam/ habbatussauda dapat mengatasi virus corona jenis baru penyebab covid-19.
Klaim khasiat tersebut karena hidroksida benzokuinon atau senyawa dari thymoquion yang terkandung dalam jintan hitam. Narasi yang beredar di akun facebook @Mahfudiddin Akhyar pada 2 September 2020 membagikan video berisi manfaat jintan hitam sebagai obat virus corona.
Vidio yang sama juga dibagikan oleh akun twitter @Ferdianharahap7 dan akun twitter @Afdalzikri. Dalam video tersebut, seorang pria mengatakan bahwa jintan hitam/ habbatussauda selain mengobati malaria juga berguna menjaga kesehatan liver dan ginjal.
Jintan hitam pun mampu mengobati dan menjaga kesehatan seuruh organ tubuh. “Kenapa kita tidak menggunakan habbtussauda sebagai obat bagi pasien positive covid ?
Balang

LEAVE A REPLY