SMK Negeri 1 Painan Gelar Kunjungan Industri ke The Axana Hotel Padang

523
PadangTIME.com – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus melakukan inovasi dalam meningkatkan kualitas dan daya saing para tamatannya dalam menghadapi dunia kerja.
Salah satu upaya yang dilakukan saat ini juga melalui kerjasama dengan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) seperti The Axana Hotel Padang. Tujuannya agar siswa jurusan perhotelan di sekolah itu memiliki keahlian dan kompetensi.
Demikian dikatakan Kepala SMKN 1 Painan, Samsul Mardan, kepada pesisirselatan.go.id Minggu (28/2) di Painan.
Dia menjelaskan bahwa melalui kerjasama itu, sehingga siswanya melakukan kunjungan industri ke The Axana Hotel Padang selama dua hari Jumat (26/2) hingga Sabtu (27/2).
Melalui kunjungan industri itu, para siswa yang berasal dari jurusan perhotelan tersebut diperkenalkan dengan semua departemen yang ada di The Axana, serta juga bagaimana melakukan pelayanan kepada tamu yang datang, serta kegiatan table manner pada malam hari.
“Saya berharap melalui kunjungan langsung ke The Axana Hotel Padang ini, para siswa yang tergabung pada jurusan perhotelan ini akan menjadi tenaga terampil dan profesional, serta bisa diterima nantinya oleh industri dunia usaha dan dunia kerja,” katanya.
Dia menambahkan bahwa kunjungan itu merupakan bagian dari ‘Pernikahan’ yang dilakukan antara SMKN 1 Painan dengan The Axana Hotel Padang.
“Kita berharap melalui upaya ini akan lahir anak-anak yang mamang siap di terima di IDUKA, sebagaimana saya jelaskan tadi,” harapnya.
Ditambahkan lagi bahwa makna yang dimaksud dari pengertian pernikahan itu adalah, bagaimana antara SMK dengan IDUKA seperti The Axana saling bekerjasama layaknya orang nikah agar menghasilkan anak yang sama.
“Sebab melalui kerjasama ini kita bisa mempersiapkan kurikulum yang dinamakan dengan kurikulum penyelarasan. Tujuannya adalah agar anak benar-benar menjadi tenaga yang terampil dan profesional dan siap diterima di dunia kerja,” jelasnya.
Ditambahkan lagi bahwa kegiatan selama dua hari itu, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri.
“Dalam sambutannya ketika itu, dia menyampaikan bahwa untuk menjawab tantangan dunia kerja, SMK harus menyiapkan kompetensi yang diinginkan oleh IDUKA,” ujarnya.
Kemudian anak-anak SMK juga harus bisa menjawab slogan SMK Bisa, dan SMK Hebat.
“Pada kesempatan itu beliau juga meminta kepada pihak Axana Hotel untuk terus memberikan pendampingan kepada SMKN 1 Painan, sekaligus siap untuk menerima para tamatannya,” jelas Samsul Mardan mengakhiri. (mp)
Balang

LEAVE A REPLY