Siswa SMA N 2 Kota Pariaman Raih Juara 1 dan 3 Lomba TTG di Kota Pariaman 2022

0
346
ads
Padang TIME – Siswa SMA N 2 Kota Pariaman, Raih Juara Pertama Sayembara TTG (Teknologi Tepat Guna) tingkat Kota Pariaman 2022, atas nama Razif Putra Dewilson, Pelajar kelas XI IPA 1, bersama dengan kelompoknya yang terdiri Foura Putri Dealini, Sabrina Oktavia, Sementara Adifa Azuhri, yang juga Kelas XI IPA 1, meraih Juara III, bersama dengan temanya Putra Erlangga Alfi.
Penyerahan Piala, Tabanas dan Piagam, diserahkan pada acara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIX dan Bulan Bhakti Dhasawisma ke VI Tingkat Kota Pariaman Tahun 2022, yang bertempat di Lapangan Sepakbola Desa Naras I, Kecamatan Pariaman Utara, Jum’at (1/4).
Razif Putra Dewilson membuat karya Alat pencetak kerupuk jengkol dan melinjo metode tuas, sedangkan Adifa Azuhri, membuat karya pemanfaatan limbah plastik menjadi kapas, dengan menggunakan sistem pembakaran, dimana mereka dibimbing oleh guru pendamping ibu Elkhiyami, Guru pelajaran kimia, SMA N 2 Kota Pariaman.
“Prestasi ini sungguh sangat membanggakan SMA N 2 Kota Pariaman, karena berhasil meraih 2 (dua) Juara sekaligus, yaitu Juara Pertama dan Ketiga, dan Karya TTG ini, adalah sebuah usaha pembaharuan, yang disesuaikan dengan kondisi sosial, ekonomi, budaya masyarakat setempat, serta kondisi alam yang ada di Kota Pariaman,” ujar Bu Elkhiyami, sebagai pembimbing pelajarnya.
Sayembara TTG ini, digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kota pariaman, dimulai sejak Pendaftaran pada 11 Februari sampai 11 Maret 2022, yang lalu. Kemudian peserta menyerahkan makalah rancangan alat-alat TTG peserta dan spek teknis, ke Sekretariat DPMDes paling lambat 18 Maret 2022.
Untuk tim penilai Sayembara TTG ini, berasal dari Perguruan Tinggi Negeri, Balitbang, DPM Provinsi Sumbar, DPMDes Kota Pariaman, dan pengumuman pemenang tanggal 28 Maret 2022, serta penyerahan hadiah pada 1 April 2022
“TTG adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah, serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan,” tukas Kepala DPMDes Kota Pariaman, Hendri.
Untuk sayembara atau lomba TTG Tahun 2022 ini, diikuti oleh peserta dari kalangan masyarakat umum dan juga pelajar, yang berdomisili di Kota Pariaman yang dibuktikan dengan KTP, ungkapnya.
“Kepada pemenag, kita menyediakan Piala, Piagam dan Tabanas, dimana untuk Juara Pertama, mendapatkan Tabanas Rp. 1 Juta rupiah, Juara II mendapatkan Tabanas Rp. 750.000 rupiah dan Juara III mendapatkan Tabanas Rp. 600.000 rupiah,” terangnya mengakhiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini