Sinar Mas Bangun Digital Hub di BSD City

970

Padang TIME.com-Sinar Mas Land  berencana membangun kawasan Digital Hub dalam upaya membantu pemerintah mewujudkan smart city di Indonesia. Proyek yang berada di BSD City tersebut digadang-gadang akan menjadi area dengan kemajuan teknologi terdepan.

Dikatakan Head of Digital Hub BSD City Irawan Harahap, nantinya Digital Hub akan dibangun perusahaan startup company dan technology leader yang bergerak di bidang teknologi dan informasi.

“Kawasan ini adalah kawasan perkantoran yang akan kita fokuskan di take and digital komunitas. Selain itu, kita juga undang beberapa startup untuk menjadi bagian komunitas digital hub,” kata Irawan saat ditemui secara ekslusif oleh reporter IDX Channel Riskha Ayu di kantornya.

Selain itu juga, Irawan menjelaskan, dalam Digital Hub rencananya akan dibangun suatu talent digital. Talent digital tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di perusahaan-perusahaan startup.

“Nantinya ada digital academy disitu kita buat vocational school yang ruang lingkup kerjanya siap 4.0. Seperti kita ketahui memang kebutuhan tenaga milenial di perusahaan startup sangat dibutuhkan. Jadi kita undang beberapa player dari digital institution untuk buka di sini,” jelasnya.

Digital hub ini akan dibangun diatas tanah seluas 26 hektare dari 6.000 hektare milik BSD City. Dimulai sejak 2017, hingga kini Digital Hub hampir rampung dalam tahap infrastruktur. Pada 2020 rencananya akan dibangun dua gedung yang akan difungsikan untuk perkantoran.

“Saat ini kita progress sudah hampir 90%untuk infrastruktur. Tahun depan kita akan bangun gedung yang pertama. Nanti ada 2 gedung 3 lantai dan 8 lantai. Yang 8 lantai itu khusus untuk rental office, dan yang 3 lantai big co-working space dan marketspace,” ujarnya.

Ditambahkan Irawan, alasan dibangunnya Digital Hub di BSD City karena adanya peluang bisnis yang besar dibidang digital economy. Didukung dengan kemampuan lahan yang dimiliki BSD City, tentu akan membuatnya semakin berjalan efisien. 

“Kita sebagai property developer melihat peluang ini akan tumbuh besar sekali. Sehingga kita mencari cara gimana supaya usaha tersebut bisa ada di BSD City. Seperti yang kita ketahui BSD City suatu kota yang luasnya 1/10 Singapura dan setengahnya kota Paris,” ucapnya.

Irawan mengatakan, Digital Hub ditargetkan selesai dalam 15 tahun sejak pertama kali groundbreaking pada 2017. Rencananya pada 2021 nanti pembangunan gedung akan rampung dan dilanjutkan dengan pembangunan yang lainnya. Sehingga diharapkan pada 2032 pihaknya telah memulai kembali Digital Hub untuk tahap kedua

Balang

LEAVE A REPLY