ads

PadangTIME.com | Apakah Anda penggemar makanan laut? Jika iya, apakah Anda tahu manfaat cumi bagi kesehatan? Hewan laut yang terkenal dengan tinta hitamnya ini, ternyata tidak hanya memiliki rasa yang gurih dan tekstur kenyal yang khas.

Namun, hewan laut yang juga sering diolah menjadi cumi kering ini, ternyata memiliki banyak manfaat. Bagaimana tidak, cumi memiliki kandungan nutrisi seperti air, kalori, protein, natrium, kalsium, fosfor, beta karoten, vitamin E, vitamin B12 hingga kalium.

Benar, semuanya adalah kandung zat yang yang baik dan penting untuk tubuh manusia. Nah selanjutnya, mari kita lihat apa saja manfaatnya bagi tubuh manusia.

5 Manfaat Cumi Bagi Kesehatan Tubuh

Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah

Manfaat cumi bagi kesehatan yang pertama adalah membantu menjaga keseimbangan tekanan darah. Kandungan pada cumi-cumi yang bertugas untuk ini adalah kalium.

Anda juga perlu ingat bahwa tekanan darah yang tinggi, sangat besar kemungkinannya untuk memicu munculnya stroke dan penyakit jantung.

 

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat cumi-cumi selanjutnya adalah berkaitan dengan kesehatan tulang dan gigi. Benar. Mengkonsumsi cumi-cumi dalam porsi yang tepat bisa menghindarkan Anda dari kekeroposan tulang.

Ini adalah tugas dari kalsium. Yang mana, kalsium ini akan menjaga kesehatan tulang dan gigi sampai kita menua nanti.

 

Membantu Turunkan Kolesterol

Makanan laut seperti cumi-cumi, memang dikenal dengan kandungan kolesterolnya yang tinggi. Namun, perlu Anda ketahui jika pada cumi-cumi, kandungan lemak jenuhnya terbilang cukup rendah.

Lemak tak jenuh atau lemak baik inilah yang kemudian bertugas untuk membantu menurunkan kolesterol Anda. Selain itu, lemak tak jenuh ini juga berperan dalam penyerapan vitamin A, D, E dan K.

Benar, semuanya adalah vitamin yang larut dalam lemak.

Mengatur Keseimbangan Cairan Pada Tubuh

Kandungan cumi-cumi yang berperan pada hal ini adalah natrium dan sodium. Keduanya merupakan zat yang berperan dalam menjaga kestabilan cairan dan darah.

Namun sebaliknya, konsumsi natrium berlebih berpotensi meningkatkan tekanan darah Anda. Jadi, makanlah cumi-cumi ini dalam porsi yang sewajarnya saja.

Membantu Proses Pembentukan Sel Darah Merah

Kandungan nutrisi vitamin B6 pada cumi-cumi berperan untuk membantu laju gerak hemoglobin dalam tubuh. Sedangkan kandungan B12 membantu menjaga kesehatan otak, syaraf dan juga memiliki peran dalam proses pembentukan sel darah merah.

 

Apakah cumi-cumi aman dikonsumsi oleh penderita jantung? Kandungan kalium pada cumi mencapai 109 mg kalium tiap 85 gram cumi-cumi. Kandungan inilah yang kemudian berperan menjaga kesehatan jantung Anda.

Cumi-cumi memang makanan laut yang sangat menggugah selera. Bahkan diolah dengan cara yang sederhana pun, dia tetap mengeluarkan cita rasa yang nikmat.

Cumi-cumi memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tapi sayangnya banyak tidak semua orang bisa membelinya. Terlebih yang berada di daerah dataran tinggi, karena lokasi yang jauh dari area pesisir.

Untuk hal ini Anda tidak perlu khawatir, ya. Sebab Blibli bisa Anda jadikan tempat untuk berbelanja cumi-cumi dengan harga yang bersahabat. Harga cumi 1 kg di Blibli mulai dari Rp80.000 untuk cumi segar.

Jangan khawatir ketika membeli cumi-cumi di Blibli. Karena mereka telah memiliki SOP tersendiri saat mengirimkan paket basah seperti ini. Mengingat kredibilitas Blibli di pasaran, Anda tidak perlu khawatir jika barang akan rusak saat diterima.

Manfaat cumi bagi kesehatan ini tentu akan Anda rasakan dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Jadi, mari mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi seperti cumi-cumi mulai sekarang. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini