ad
PadangTIME – Peningkatan sarana dan prasarana pertanian seperti penyediaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan optimalisasi lahan, merupakan bagian upaya strategis dalam meningkatkan indeks pertanaman melalui optimalisasi lahan dan penerapan mekanisasi peningkatan jumlah Alsintan sehingga menjadi lebih efisien dalam menekan biaya produksi dan meningkatkan nilai tukar usaha pertanian.
Alat Mesin Pertanian (Alsintan) sebanyak 71 unit dengan rincian, TR 2 Rotary sebanyak 2 unit, Hidrotille unit, Cultivator 11 unit, TR 2 Quick Impala 3 unit, dan Handspray 50 unit dengan total pagu dana Rp. 497.500.000,-.
Hadir dalam penyerahan bantuan Alsintan anggota DPD RI Alirman Sori, anggota DPRD Sumbar Imral Adenansi, Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah, Kadis Pertanian Sumbar Syafrizal (Jejeng), Kadis PMPTSP Sumbar Maswar Dedi, Kepala PMD Sumbar Syafrizal (Ucok), Kadis TPHP Pesisir Selatan Nuzirwan dan kelompok tani yang akan menerima bantuan Alsintan.
“Kita mengajak para petani di Kabupaten Pesisir Selatan lebih optimis mencapai swasembada pangan, khususnya swasembada beras. Apalagi perhatian pemerintah sangat besar kepada para petani di Pessel,” kata Audy.
“Kepada Kelompok Tani di harapkan dapat merawat Alsintan tersebut agar dapat beroperasi dengan baik dan dapat berkoordinasi dengan penyuluh setempat jika ada kendala di lapangan,” ungkapnya.
Salah satu faktor penting untuk meningkatkan Indeks Pertanaman dan produksi adalah dengan optimalisasi pemakaian alsintan, pemerintah telah memberikan berbagai macam bantuan Alsintan.
Di Kabupaten Pesisir Selatan untuk tahun 2021 ini bantuan alsintan dari dana APBD Provinsi yang akan disalurkan kepada kelompok tani membuka kembali 99 unit dengan total pagu dana RP. 964.000.000,- dengan jenis : TR2, Cultivator, Handspray, mesin potong rumput dan hydrotiller.
Ke depan masih banyak bantuan yang kita upayakan untuk masyarakat, khususnya Pesisir Selatan,” tukasnya.
(nov/pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here