Selalu Patuhi Protokol Kesehatan Saat Pilwana Berlangsung

0
131
PadangTIME.com – Pelaksanaan Pemilihan Walinagari  serentak pada 31 nagari di Kabupaten Pesisir Selatan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.
“Kita mengapresiasi pelaksanaan Pilwana serentak dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat pada 31 nagari di Pesisir Selatan,” kata Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah ketika memantau pelaksanaan Pilwana di Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Selasa (8/6).
Penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan Pilwana serentak tersebut bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19 yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.
Wabup berharap semua pihak agar tetap menjaga situasi yang aman dan kondusif.serta menerima hasil Pilwana dengan lapang dada. “Jangan sampai terjadi konflik dan kecurangan, akan tetapi mari kita tegakkan demokrasi dalam Pilwana ini,” ingat wabup.
Kemudian ia berharap walinagari terpilih nanti harus mampu membuat terobosan serta memotivasi masyarakat mau bekerja ataupun menciptakan lapangan kerja dengan memanfaatkan lahan yang tersedia untuk usaha pertanian dan perkebunan.
Menurutnya, peran pemerintahan nagari dalam upaya mempercepat keluar dari ketertinggalan sangat penting, dan diperlukan komitmen yang kuat dari seluruh unsur.
Oleh karena itu, walinagari harus mengetahui dan memahami potensi wilayah dengan baik. Misalnya, potensi sumber daya manusia dan sumberdaya alam. Kemudian  juga harus mengetahui segala kendala dan hambatan yang tengah dihadapi masyarakat guna dicarikan solusi pemecahannya.
Selanjutnya harus mempunyai pemahaman yang baik akan agenda pembangunan nasional maupun daerah baik yang telah dilaksanakan maupun  yang akan dilaksanakan, katanya.
“Walinagari hendaknya bisa menjadi motivator bagi masyarakat untuk memberantas berbagai bentuk penyakit masyarakat (Pekat) seperti judi, narkoba, minuman keras dan mendorong berkurangnya angka kemiskinan dan pengangguran,” pintanya.
Sementara Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pesisir Selatan, Wendi menyebutkan, sebanyak 137 calon walinagari bersaing pada Pilwana 2021.
“Pilwana serentak tahun 2021 dilaksanakan pada 31 nagari di Kabupaten Pesisir Selatan yang diselenggarakan pada tanggal 8 Juni 2021 dan  melibatkan 76.000 wajib pilih,” ungkapnya. (03)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here