Selain Covid-19, Warga Juga Diingatkan Agar Waspadai Ancaman Penyakit Menular Lainnya

0
485
Padang TIME -Selain virus corona (Covid-19), masyarakat juga ditegaskan agar meningkatkan kewaspadaannya terhadap ancaman penularan berbagai penyakit menular lainnya.

Upaya ini dilakukan karena kondisi keterbatasan rumah sakit dalam melakukan pelayanan pasien di tengah pandemi yang belum mereda dan bisa mengancam keselamatan pasien dengan penyakit lain terancam tertular saat berobat atau di rawat di rumah sakit.

bebi

Hal itu ditegaskan Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, kepada pesisirselatan.go.id Rabu (28/7) di Painan.

“Masih tingginya penyebaran penularan Covid-19  juga dialami oleh warga Pessel saat ini, masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan.

Namun yang juga tidak kalah penting adalah juga menjaga diri dari ancaman penyakit menular lainnya.
Karena keterbatasan rumah sakit dalam menampung dan melayani pasien di tengah pandemi, juga bisa mengancam keselamatan pasien dengan riwayat penyakit lain ketika berobat atau di rawat di rumah sakit,” katanya.

Dia menegaskan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dari ancaman berbagai penyakit menular lainnya.

“Ini saya tegaskan, karena kerawanan terhadap penyebaran penyakit menular ini perlu diwaspadai. Karena ancamannya bisa terjadi kapan dan di mana saja,”ungkapnya.

Dijelaskannya bahwa di daerah beberapa jenis penyakit menular yang perlu diwaspadai adalah muntaber, DBD dan lainya.

“Beberapa jenis penyakit itu bisa menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) bila tidak dilakukan pemetaan lingkungan. Sebab keterbatasan sarana prasarana lingkungan, serta juga keterbatasan pengetahuan masyarakat membuat hal yang dianggap biasa bisa menjadi luar biasa,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa, menjelaskan bahwa selain melakukan pemetaan lingkungan, pihaknya saat  juga meningkatkan kesiagaan pada semua sarana pelayanan kesehatan mulai dari tingkat Posyandu, Poskesri, hingga Puskesmas.

“Upaya itu kita lakukan agar ketika terjadi kasus penyakit menular di masyarakat, semua tenaga medis mulai dari tingkat terendah seperti Posyandu, Poskesri, hingga Puskesmas, bisa turun secara aktif ke masyarakat,” katanya.

Ditambahkan bahwa pemantauan terhadap penyakit menular lainnya yang juga perlu diwaspadai adalah Tuberkulosis (TBC), Malaria dan HIV/AIDS.

“Sedangkan beberapa jenis penyakit tidak menular yang juga perlu diwaspadai itu adalah diabetes melitus (DM),  hipertensi, pasca stroke dan jantung.

Penyakit  ditimbulkan oleh faktor genetik dan pola hidup yang tidak sehat itu, juga sangat menakutkan dan harus diwaspadai,” ingatnya. (PT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here