Sekda Pesisir Selatan Monitoring Kesiagaan  Dalam  Mengawal Penanganan Covid 19

661
Padang TIME.com-Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan lakukan Video Conference (Vicon) dengan para Camat dan Kepala Perangkat Daerah guna memastikan seluruh perangkat siaga mengawal kebijakan percepatan penanganan virus corona (Covid 19) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (04/04).
Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Ir. Erizon, MT mengingatkan kepada Camat agar selalu memantau arus keluar masuk masyarakat dari daerah lain.
“Kepada camat diingatkan agar selalu memantau arus mudik warga yang berasal dari zona merah,” jelasnya.
Selain itu Erizon juga mengingatkan agar melakukan percepatan pendataan Jaringan Pengaman Sosial sebagaimana surat Bupati Pesisir Selatan bernomor 100/008/GTC/IV/2020 perihal Pendataan Masyarakat Terdampak Langsung Covid 19.
“Dalam rangka memenuhi kelengkapan database untuk penanggulangan dampak ekonomi bagi pekerja non formal akibat penyebaran coronavirus disease 2019 (covid 19), diharapkan kepada Camat agar menyampaikan daftar JPS dari masing-masing wilayahnya paling lambat hari selasa 7 April 2020, data tersebut sudah dikoordinasikan dengan wali nagari dan kepala kampung daerah setempat,” Ujar Ir. Erizon, MT.
Ia juga menjelaskan pendataan masyarakat untuk pekerja non formal yang terdampak langsung hanya dilakukan kepada pelaku usaha mikro dan kecil
“Pendataan dilakukan terhadap pedagan lontong, pedagang sate, pedagang sayur, pedagan bakso, asongan, pedagang sekitar sekolah, pekerja jasa pariwisata, supir angkutan umum dan ojek,” jelasnya.
Dilanjutkannya rekapitulasi data disusun menurut nama dan alamat, Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor kartu Keluarga (KK).
“Rekapitulasi NIK, KK bisa memanfaatkan Buku Induk Penduduk (BIP) melalui aplikasi Sistem Informasi Nagari (Sinar) pada masing website nagari,” ungkapnya.
Menyikapi hal tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi, S. Kom, ME turut mengungkapkan akan mempersiapkan beberapa petugas yang akan mendampingi perekaman data JPS pada aplikasi Sistem Informasi Nagari (Sinar).
“Diskominfo telah menyiapkan beberapa pendamping yang akan bertugas untuk melakukan pendataan masyarakat yang terdampak Covid19 sebagai calon penerima bantuan langsung tunai,” Jelasnya.
Dilanjutkannya kepada petugas dari camat dan dari walinagari agar bisa koordinasi dengan petugas yang telah ditunjuk.
“Sesuai dengan rencana, pendampingan akan kita lakukan selama 2 (dua) hari  tepatnya hari senin—selasa, 6-7 April 2020,” tutupnya. (PT/Ko PSS)
Balang

LEAVE A REPLY