Satgas TMMD ke 105 dan warga Adakan Ritual adat “Banca’an”

301

Padang TIME.com – DEMAK – Satgas TMMD Reg ke 105 Kodim 0716/Demak selalu berbaur dengan masyarakat bersama-sama saling bahu membahu dalam menyelesaikan setiap sasaran fisik yang dikerjakan.

Dukuh Prigi Desa Kalikondang adalah pedukuhan yang masih mempertahankan adat istiadat serta budaya Jawa yang dilandasi kearifan lokal untuk menjaga keseimbangan alam dan terpeliharanya tatanan hidup bermasyarakat.

Rabu pagi (17/7/2019) sebelum melanjutkan perehapan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Mbah Sarni Dukuh Prigi RT.3 RW.5 Desa Kalikondang, anggota Satgas TMMD Reg ke 105 dan warga Dukuh Prigi menggelar acara doa bersama yang dipimpin oleh Kyai Mastur (Tokoh agama Dukuh Prigi) yang dirangkaikan dengan acara ritual adat “Banca’an” (Selamatan).

Kegiatan adat Banca’an tidak lepas dari interaksi sosial masyarakat karena interaksi sosial melibatkan banyak orang sehingga mempunyai hubungan timbal balik antar warga masyarakat. Hal ini menunjukkan adanya gotong royong dan kerja sama adat serta budaya kepercayaan warga Dukuh Prigi.

Prada Feby anggota Arhanud 15 yang tergabung Satgas TMMD Reg ke 105 Kodim 0716/Demak mengatakan, acara doa bersama dan acara adat ini merupakan permintaan dari warga Dukuh Prigi Desa Kalikondang.
“Adat Banca’an ini menurut warga Dukuh Prigi bertujuan untuk meminta perlindungan kepada Tuhan YME agar dalam pelaksanaan kegiatan selalu diberi keselamatan dan mendapat perlindungan serta dijauhkan dari bahaya” ujarnya (Pendim 0716/Demak).

Balang

LEAVE A REPLY