Satgas TMMD ; Bentuk Anak Berkarakter Dengan Bermain Gundu

435

Rembang – Anggota Satgas TMMD, Pratu Yunus dan Pratu Guruh, menggunakan cara tersendiri untuk mendekatkan kepada anak-anak usia dini di Desa Pasedan Sambil memantau ketersediaan material fisik TMMD maupun suplai air untuk menyiram rabat beton, mereka mengajak anak-anak Desa Pasedan Kecamatan Bulu untuk memberikan motivasi belajar di sekolah sembari memperkenalkan TNI kepada mereka.

“Yang namanya anak-anak ya kita harus masuk ke dunia mereka jika ingin menanamkan sesuatu hal baru, sehingga asimilasi dapat terwujud. Jika mereka main gundu ya kita ikuti dulu, setelah mereka menganggap kita teman barulah kita tanamkan motivasi belajar,” ungkap Yunus sambil ikut bermain gundu atau kelereng. Dikatakannya juga, pembinaan teritorial adalah salah satu tugas kita dimanapun berada, tidak terkecuali saat penugasan menjadi anggota Satgas TMMD 103.

Disamping kegiatan fisik, Satgas TMMD juga menggiatkan Non Fisik yang humanis menyentuh ke warga secara langsung, seperti mengajar di sekolah ataupun dengan menciptakan rasa nyaman dan senang ketika bermain dengan anak-anak. Bisa dengan main catur bersama, main halma, sepakbola maupun volly, mengajar mengaji, mengerjakan PR sekolah dan masih banyak lagi seperti main gundu tersebut.

“Selain itu dengan bermain dan berolahraga bersama, akan memunculkan banyak kreativitas yang sangat baik untuk perkembangan belajar mengajar mereka di sekolah serta dalam pembentukan karakter yang berjiwa sosial dan berbudi pekerti luhur,” tambahnya. Arda (11) kelas 5, Dian Ardiansyah (9) dan Maliki (8) Ketiganya anak Dukuh Ngotoko Rt. 2 Rw. 2, mereka adalah murid SDN 1 Pasedan. Anak desa pikir satgas tak bisa bermain kelereng. “Tak kiro tentara ora bisa dolanan gundu, malah jago.” celetuk Arda polos. (Saya kira tentara tidak bisa main kelereng, malah jago). (0720)

Balang

LEAVE A REPLY