SAR Mentawai Minta Warga Yang Dipulangkan Selalu Perhatikan Keselamatan

0
271
Padang TIME – Kepala Dinas Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Akmal mengimbau setiap kapal  yang melakukan penyeberangan di laut memperhatikan kondisi cuaca saat berlayar.
Hal itu diungkapkan Akmal saat langsung turun melaksanakan Siaga SAR Khusus Lebaran 2022/1443 H di Dermaga Tuapejat, arus mudik H-2 pada Sabtu (30/4/2022) kemarin.
Kakansar menyebutkan, agar masyarakat yang beraktivitas selalu memperhatikan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG dan kondisi fisik kesehatan saat melaut.
Seterusnya nelayan atau kapal yang melaut agar memperhatikan keadaan mesin kapal, atau perahu yang digunakan. Termasuk logistik yang mencukupi dan BBM.
Akmal juga menghimbau, agar alat komunikasi saat melaut harus ada, memiliki peralatan safety dan alat navigasi.
“Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan di laut, dalam keadaan kondisi darurat, agar menghubungi emergency call 115 Basarnas”, tegas Akmal.
Kakansar juga tak lupa mengatakan, bahwa keselamatan pemudik adalah kebahagiaan kami, maka dari itu, patuhi aturan yang ada sehingga dalam perjalanan menuju ketempat tujuan sampai dengan selamat dan bisa bertemu dengan keluarga merayakan hari raya idul Fitri”, tutup Akmal.
Siaga SAR khusus sudah dimulai dari tanggal 22 April hingga 12 Mei 2022 di Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat.  (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini