PadangTIME.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno terus berkolaborasi dengan sejumlah kementerian dan lembaga dalam rangka proses adaptasi dan manajemen krisis khususnya di sektor pariwisata┬ádan ekonomi kreatif (parekraf) selama pandemi Covid-19.
Salah satunya dengan menggelar rapat koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
“Berkolaborasi dalam pemanfaatan data dan informasi untuk beradaptasi dengan bencana yang terjadi,” kata Sandi dikutip dari laman instagramnya, @sandiuno.
Sandi menegaskan, pihaknya siap membentuk Crisis Center di lima destinasi wisata prioritas maupun destinasi lainnya guna melakukan manajemen krisis di sektor parekraf.
“Jadi mudah-mudahan dengan PPKM ini (kasus Covid-19) terus melandai dan kita mulai membiasakan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” kata dia.
Menurutnya, manajemen krisis harus dilibatkan secara terstruktur dan sistematis serta dilakukan pada suatu ekosistem.
Jadi, bukan hanya pelaku parekraf, namun tapi juga ekosistem yang mendukung. Yakni dengan menyiapnyiagakan, merespons, dan memulihkan diri dari suatu krisis.
“Indonesia harus bisa mengomunikasikan bahwa kita ada di garda terdepan dalam pemulihan, untuk memastikan bahwa semua cleanliness, health, safety, dan environmental sustainability kita jaga,” ungkap dia. (pt)
Balang

LEAVE A REPLY