ad
PadangTIME.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam melaksanakan vaksinasi Covid-19 gelombang kedua bagi warga binaan atau narapidana, dan keluarga pegawai rutan, Selasa (21/9).
Vaksinasi yang digelar di lingkungan rutan tersebut terlaksana berkat kerjasama dari Rutan Kelas IIB Maninjau dengan Polsek Tanjung Raya dan Puskesmas Maninjau.Kepala Rutan Kelas IIB Maninjau, Desrianto didampingi Kapolsek Tanjung Raya AKP Yudi Partanto dan Wakapolsek Iptu Akhiruddin mengatakan, kegiatan vaksinasi tersebut diikuti sebanyak 17 orang peserta, dengan rincian 11 orang narapidana dan 6 orang keluarga pegawai rutan. Ia menyebut, vaksinasi yang diberikan kepada peserta adalah jenis Sinovac dan Moderna.
“Untuk narapidana yang divaksin gelombang kedua ini ada 11 orang, seluruhnya menjalani vaksinasi tahap pertama jenis Moderna. Sedangkan keluarga pegawai rutan menjalani vaksinasi tahap kedua dengan jenis vaksin Sinovac,” ujar Desrianto kepada wartawan, Selasa.
Ia menambahkan, awalnya peserta vaksinasi di rutan tercatat sebanyak 25 orang. Namun pelaksanaannya hanya bisa diikuti sebanyak 17 orang, lantaran sisanya ditunda karena hipertensi dan tidak sempat hadir.“Keluarga pegawai itu tidak sempat hadir ke rutan karena cuaca diguyur hujan lebat. Sehingga vaksinasi bagi mereka ditunda sementara,” katanya.
Desrianto menyebutkan, sebelumnya vaksinasi gelombang pertama bagi narapidana di Rutan Kelas IIB Maninjau telah dilaksanakan pada akhir Juni lalu. Saat ini sasaran target vaksinasi di rutan telah tercapai, karena seluruh narapidana sudah divaksin Covid-19.
“Selain narapidana, petugas atau pegawai rutan semuanya juga sudah divaksin. Ini kita lakukan dalam rangka mendukung program pemerintah tentang pencegahan Covid-19, melalui meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau herd immunity,” ungkapnya.
Sementara itu, Kapolsek Tanjung Raya AKP Yudi Partanto, mengapresiasi jajaran Rutan Kelas IIB Maninjau yang telah ikut berpartisipasi dalam mendukung program percepatan vaksinasi.
Kapolsek mengakui, tingkat persentase pencapaian vaksinasi di Kabupaten Agam saat ini terbilang masih rendah. Namun pihaknya dari kepolisian juga ikut berupaya mengajak masyarakat untuk melaksanakan imunisasi vaksin.
“Kita berharap masyarakat mau untuk ikut divaksin agar kekebalan tubuh mereka meningkat, sehingga dapat terhindar dari penularan Covid-19,” ujarnya. (rh/pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here