Rusma Yul Anwar Hadiri Tradisi Balimau Paga Di Batang Kapas

0
17253
Padang TIME  | Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menghadiri tradisi balimau paga di Kampung Anakan nagari Koto Nan Duo Kecamatan Batang Kapas. Rabu (22/03).
“Prosesi tradisi balimau paga merupakan rutinitas masyarakat Pesisir Selatan setiap akan masuknya bulan suci ramadhan,” ungkap Bupati saat memberikan sambutan.
Menurut Bupati Rusma Yul Anwar balimau adalah sebuah upacara tradisional yang istimewa bagi masyarakat Minangkabau, dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Acara ini biasanya di laksanakan sekali setahun, sehari menjelang masuknya bulan puasa.
“Tradisi balimau ini juga sebagai ungkapan rasa syukur dan kegembiraan memasuki bulan penyucian diri,” jelas bupati.
Bupati berharap tidak mempersoalkan jika ada perbedaan-perbedaan awal puasa, jangan ini menjadi pertentangan di antara masyarakat Pesisir Selatan.
“Jangan ini menjadi cemooh, itu adalah masalah pribadinya dan keyakinan mereka masing-masing,” katanya.
Bupati juga mengatakan kepada masyarakat Nagari Koto Nan Duo bahwa tahun ini jalan Ke Wisata Labuang Baruak akan di eksekusi.
“Insya Allah sebelum tahun 2024 ini Jalan Ke Labuang Baruak akan Kita tuntaskan dan ada jalan di beberapa Nagari yang juga kita tuntaskan,”kata Bupati
“Mari sambut bulan suci ramadhan dengan penuh gembira dan pengharapan kepada Allah,”katanya
Bupati menghimbau untuk meramaikan masjid/musholla sampai akhir ramadhan, bahkan setelah ramadhan sekalipun nantinya, serta menyemarakkan bulan suci ramadhan dengan berbagai kegiatan positif. Bupati meminta kepada masyarakat untuk terus menjaga silaturahmi yang baik dengan para perantau.
“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Mengucapakan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Minal Aidin wal Faidzin Mohon Maaf lahir dan batin,”Tutupnya. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini