Rumah Tempat “Kumpul Sapi” Itu Kini Sehat Karena Berjendela

408

PadangTIME.com –BLORA – Saat mengikuti survey Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Jurangjero yang akan direhab berkenaan gelaran TMMD Reguler ke-104 Kodim 0721/Blora, saat Tim survey mendatangi sebuah rumah di Dukuh Nggoloyo (rumah Mbah Saki -Red) desa setempat, beberapa warga menginformasikan bahwa rumah terebut sering dipakai “kumpul sapi”.

”Rumah itu digunakan pemiliknya untuk “Kumpul Sapi”, ujar seorang warga kepada anggota Pendim Blora. Setelah ditanyakan lebih lanjut, “Kumpul Sapi” dimaksud adalah, rumah yang diketahui milik seorang janda tua itu, oleh pemiliknya selain untuk tempat tinggal juga digunakan untuk kandang sapi. Berbicara apakah dari sisi kesehatan apakah sehat ? Tentu jauh dari sehat, karena tentu sehari-hari pemilik rumah akan ‘berkumpul” dengan kotoran sapi.

Kini, setelah beberapa hari disentuh Satgas TMMD Kodim Blora bersama warga, rumah Mbah Saki itu benar-benar sehat. Dinding dari tembok, berpondasi, lantai dari adonan semen campur pasir, terlebih juga berventilasi.

Adalah Kopda Deni Yanuar, salah soerang anggota Satgas TMMD dari Yonif 410/Alugoro yang sempat terheran-heran saat akan merehab rumah itu. “Pertama melihat rumah Mbah Saki, saya heran sekaligus merasa kasihan. Kok bisa pemiliknya tinggal di rumah yang kondisinya begitu parah. betapa tidak, tidak ada ventilasi jendela, belum lagi rumah tersebut juga dijadikan kandang sapi. Setelah disentuh Tentara dan warga, kini rumah tersebut jadi bagus dan kokoh. Terpenting rumah Mbah Saki menjadi rumah sehat karena dibikinkan jendela yang bagus, sehingga udara bisa masuk kedalam rumah,” ungkap Kopda Deni Yanuar. (pendim 0721/Blora)

Balang

LEAVE A REPLY