Rektor UNP  Ganefri Gelontorkan Ecoenzyme ke Sungai Belakang Kampus FMIPA UNP

0
14

PadangTIME.com -Dalam rangka mengikuti Festival Ecoenzyme bersama UIGreenmetric tahun 2021, yang akan digelar Sabtu/ 26 Juni 2021. UNP melakukan kegiatan pengelontoran Ecoenzyme di sungai atau badan air yang melintas di kampus UNP. Kegiatan ini adalah dalam upaya pemulihan kualitas air sungai/ Kamis (23/6). Seremoni kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D di lokasi kegiatan taman belakang Dekanat FMIPA.

bebi

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D, dalam arahannya mengapresiasi kegiatan ini. “Kita sangat mendukung kegiatan ini, karena merupakan implementasi hasil penelitian dosen UNP, sekaligus sebagai bagian dari upaya UNP mendukung berbagai program pelestarian lingkungan dan sungai serta meningkatkan prestasi UNP pada UIGreenmetric tahun ini” ditambahkan oleh Rektor pengemar olahraga tenis ini, bahwa UNP bersama peneliti ECOBY dan PPKLH serta Prodi Ilmu Lingkungan Pascasarjana akan selalu melakukan berbagai kampanye lingkungan hidup dalam upaya mewujudkan kampus hijau di UNP.
Sementara itu Koordinator Lapangan Festival UIGreeMatric 2021 di UNP Dr. Indang Dewata, M.Si, mengatakan bahwa kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan PPKLH UNP dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day yang diperingati pada tiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Tema yang diusung dalam perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 yakni ‘Ecosystem Restoration’ atau ‘Restorasi Ekosistem, pihaknya senantiasa akan melakukan berbagai terobosan untuk program kampus hijau yang telah digerakkan di UNP sejak 5 tahun yang lalu, kata fakar Kimia Lingkungan ini pada Humas UNP.

Di samping itu Alycia Siska Farma, S.Pd, M.Biomed Ketua Tim dalam kegiatan ini menyampaikan festival ecoenzym digelar di 11 Universitas di Indonesia, kegiatan riset yang dilakukannya bersama tim adalah dengan mengolah sampah, kemudian dimanfaatkan untuk penjernihan air. Produk yang dihasilkannya berupa Ecoenzyme Biology (ECOBY) yang programnya telah dilakukan sejak tahun 2020 oleh Tim Biologi FMIPA UNP. Ide ini yang kemudian memperoleh gratz dari PNBP UNP. Tim ECOBY juga menjadi bagian Tim Ecoenzyme UIGrenmetric dari 11 Universitas di Indonesia, dengan semangat dan mimpi yang sama menciptakan kampus hijau dan menyebarkan kebaikan ke seluruh Indonesia, kata dosen enerjik ini.

Pada bagian akhir ini kegiatan Rektor UNP mengawali pengelontoran ECOBY ke sungai, kemudian disusul oleh beberapa dosen diantaranya Guru Besar Ilmu Lingkungan Prof. Dr. Eri Barlian, M.S (yang juga Ketua Program Doktor Ilmu Lingkungan Pascasrajana UNP), Prof. Dr. Abdul Razak, M.Si (Ketua Prodi Magister Pendidikan Biologi FMIPA UNP) dan Dosen Biologi dr.ElsaYuniarti, M. Biomed, selanjutnya secara bergiliran digelontorkan oleh sejumlah mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNP yang juga berpartisipasi mendukung rangkaian kegiatan ini. (PT/ Humas UNP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here